Anggota DPRD Jabar Hilal Hilmawan Dorong BLUD Diwujudkan di Jabar Demi Kemandirian SMK

Hilal Hilmawan, S.IP, M.IP

0
270 views

BANDUNG – Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, Hilal Hilmawan S.IP, M.IP mendorong Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) diwujudkan di Provinsi Jawa Barat. Supaya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Jabar dapat mengelolah potensi-potensinya sendiri atau membangun kemandirian di sekolahnya.

“Untuk membangun kemandirian SMK-SMK di Jawa Barat dan meningkatkan kompetensi siswa, saya mendorong Pemprov Jabar untuk mewujudkan BLUD di Jabar,” ujarnya Hilal Hilmawan saat mengikuti pertemuan, kemarin, Selasa (8/6/2021).

Politisi muda dari partai Golkar asal Indramayu ini, menuturkan dirinya sebagai wakil rakyat, dirinya berkomitmen untuk terus mendorong Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi bentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Karena dengan terwujudnya BLUD, SMK dapat mengimplementasikan kegiatan unit Produksi/Teaching Factory yang dimaksud pembelajaran kejuruan berbasis produksi (production based training) telah diwadahi secara legal. Bahkan dapat menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) pada SMK.

“Melalui PPK-BLUD nanti, produk-produk inovasi SMK dapat dipasarkan secara umum karena memenuhi standar industri,” jelas Hilal.

Berdasarkan informasi yang diterima, PPK-BLUD di SMK dapat berperan menumbuhkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) guru dan peserta didik SMK.

“Dapat pula mengembangkan sikap mandiri dan percaya diri peserta didik SMK melalui kegiatan produksi;
membantu pendanaan untuk pemeliharaan, penambahan fasilitas dan biaya-biaya operasional SMK dalam peningkatan kompetensi guru dan peseta didik.
Melalui kegiatan produksi dari jasa layanan BLUD dapat meningkatkan kompetensi siswa SMK, ” tambahnya. (mar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here