Sinergi Siloam Hospitals Group dan RSUD Yowari Hadirkan Laboratorium RT-PCR Covid-19 untuk Masyarakat Kabupaten Jayapura dan Sekitarnya

0
75 views

JAYAPURA – Kondisi pandemi yang belum berakhir mendorong masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti menerapkan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak) sembari menunggu vaksinasi COVID-19 diterima masyarakat luas. Selain itu, selama masa pandemi tes COVID-19 secara rutin masih menjadi salah satu cara efektif untuk mencegah penularan virus corona yang lebih luas sekaligus memastikan keamanan aktivitas sehari-hari.

Ketersediaan layanan dan fasilitas penunjang tes COVID-19 untuk masyarakat menjadi sesuatu yang sangat diperlukan tidak hanya di kota besar seperti di Pulau Jawa, namun juga daerah lain di Indonesia, seperti Papua. Melihat pentingnya kebutuhan tersebut, Siloam Hospitals Group bersama RSUD Yowari bersinergi menghadirkan laboratorium RT-PCR COVID-19 yang ditujukan untuk mendukung akses tes COVID-19 bagi masyarakat di Kabupaten Jayapura dan sekitarnya.

Laboratorium RT-PCR COVID-19 RSUD Yowari diresmikan pada Kamis (28/1) oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si dan disaksikan oleh Direktur RSUD Yowari Dr. dr. Petronella Risamasu, M.Ked Trop, Koordinator RMO (Resident Medical Officer) Siloam Clinic Papua dr. Sri Haryati, MKK, Kepala Laboratorium Siloam Hospitals Ambon dr. Steven Tiro, Sp.PK, serta tamu undangan terbatas.

“Kehadiran laboratorium RT-PCR COVID-19 kerja sama Siloam Hospitals Group dan RSUD Yowari akan menjadi salah satu upaya meningkatkan pelayanan kesehatan, terutama dalam penanganan COVID-19 di Kabupaten Jayapura. Proses pengumpulan dan pengujian sampel kini dapat dilakukan lokal, tidak perlu mengirim sampel tes hingga ke luar pulau. Hal ini tentunya sangat memudahkan untuk mengetahui apakah seseorang positif COVID-19 atau tidak dan tentunya hal ini berdampak pula pada penanganan yang bisa lebih cepat dan optimal,” ujar Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si.

Hal serupa juga disampaikan dr. Sri Haryati, MKK yang sekaligus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan dalam beraktivitas dan bermobilitas sehari-hari, “Tidak hanya melakukan tes, masyarakat juga perlu menjaga kesehatan selama pandemi dengan mematuhi anjuran 3M serta menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti mengonsumsi makanan bergizi, rajin olahraga, pola tidur teratur, serta mengelola stres.”

Hingga 25 Januari 2021, tercatat 973 kasus terkonfirmasi di Kabupaten Jayapura, dengan 136 orang dalam perawatan, 800 orang sembuh/selesai isolasi, dan 37 orang meninggal dunia. Tersedianya laboratorium ini tentunya akan membantu dalam pemenuhan target pemeriksaan sampel COVID-19 serta mempercepat dan memperbanyak cakupan pemeriksaan sampel. Dengan begitu, penegakan diagnosis sekaligus percepatan pelayanan dapat terlaksana.

“Laboratorium RT-PCR COVID-19 RSUD Yowari akan didukung oleh enam tenaga kesehatan ahli RSUD Yowari. Setiap harinya, laboratorium mampu melakukan menguji 25 sampel. Kondisi ini tentunya memungkinkan pelayanan tes COVID-19 dilakukan setiap hari dan masyarakat akan mendapatkan tes COVID-19 secara lebih mudah, cepat, dan terjangkau yang berdampak pada kualitas penanggulangan pandemi yang lebih baik,” ujar Dr. dr. Petronella Risamasu, M.Ked Trop.(rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here