Wujud Pelayanan dan Bakti, RSUD Waled-Cirebon Gelar Vaksinasi Covid -19 untuk Lansia

0
22 views

CIREBON  – Dalam rangka memperingati Hari Lansia Nasional (HLUN) ke 25 tahun 2021. Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon menggelar vaksinasi Covid-19 bagi kelompok lanjut usia (lansia) yang di laksanakan di RSUD Waled. Rabu, (2/6/2021).

Pada agenda tersebut, pihak RSUD Waled bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon menggelar vaksinasi Covid-19 untuk warga usia lanjut (lansia). Sebagai wujud pelayanan dan bakti pihak RSUD Waled kepada warga lanjut usia.

“Pemerintah Kabupaten Cirebon memberikan penghormatan dan memberikan perlindungan kepada para lansia pada masa usia yang rentan kesehatannya di tambah lagi dari sisi kesehatan di masa pandemi Covid-19.” kata wakil bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE. M.Si

Secara simbolis, penerima vaksinasi tersebut diawali oleh mantan direktur utama RSUD Waled tahun 1967-1970 yaitu, dr Iskandar Wijaya. Beliau sudah usia 80 tahun dan alhamdulillah sehat, “Pihaknya melakukan penyuntikan vaksin, kepada mantan direktur utama RSUD Waled yang saat ini sudah berusia 80 tahun. Dan, Alhamdulillah, kondisinya sehat,” ungkapnya Ayu panggilan akrab wakil bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih SE. M.Si.

Menurut Ayu, bahwa kelompok lansia merupakan salah satu kelompok yang rentan terhadap Covid-19. Karena itu, pihaknya mendorong pelaksanaan vaksinasi untuk lansia ini. Dan, sejumlah lansia di Kabupaten Cirebon saat ini sebanyak 158.605. Namun, yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 baru 5.256 saja.

“Kami berharap, adanya vaksinasi kepada masyarakat lansia, semoga selalu dalam kondisi sehat serta tetap menerapkan protokol kesehatan juga menjaga asupan makanan sehari-hari.” Jelasnya.

Sedangkan Direktur Umum RSUD Waled dr. Boedi Setiawan Soenjaya mengatakan, 29 Mei lalu Indonesia memperingati Hari Lansia ke-21. Vaksinasi ini merupakan perhatian dari kepada lansia atau bakti kasih anak kepada orangtua.

Masih menurut Boedi, kita semua harus mendukung para lansia tetap sehat dan tidak terlular Covid-19. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan cara disiplin menerapkan protokol kesehatan.
vaksinasi yang digelar saat peringatan Hari Lansia ini merupakan perhatian dari RSUD Waled kepada para lansia.

“Ini merupakan bakti kasih anak kepada orang tua. Alhamdulillah upaya kami mendapat dukungan dari Dinkes Kabupaten Cirebon yang memiliki kewenangan pelaksanaan vaksinasi,” kata Boedi.

Selain pelaksanaan vaksinasi, menurut Boedi, juga dilakukan edukasi bagi para lansia dan para nakes dalam penatalaksanaan pelayanan kesehatan kepada para lansia yang acaranya dilaksanakan sampai 28 Juni mendatang.

“Kita di sini menyediakan 100-200, adapun jika peserta bertambah Dinkes siap membantu. Dan, vaksin ini merupakan salah satu upaya untuk menurunkan angka kematian covid-19,” terangnya. (mar/rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here