Menu

Mode Gelap
Tingkatkan Sinergitas, Direksi PT KPI & Pjs. GM RU VI Bertemu Kapolda Jabar dan Salurkan bantuan Golf Cart Sedulur Lurah Se-Kecamatan Anjatan (SULTAN) Peringati Ultah 1 Tahun Pertamina RU VI Lanjutkan Kerja Sama Pengamanan Obvitnas dengan Ditpamobvit Polda Jabar UPTD SDN 2 Cipancuh Gelar Pawidya 74 Siswa Kelas VI Tapel 2022 – 2023 SDN 1 Bugistua Lepas 63 Siswa Kelas VI, dan 100 Persen Melanjutkan ke Jenjang SMP

Seni Budaya · 2 Jul 2023 08:52 WIB ·

Bupati Indramayu Nina Agustina Membuka Perkemahan Kwarcab di Atas Tenda Apung


 Bupati Indramayu Nina Agustina Membuka Perkemahan Kwarcab di Atas Tenda Apung Perbesar

INDRAMAYU – Bupati Indramayu Hj.Nina Agustina Da’i Bachtiar yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pramuka, secara resmi membuka perkemahan di atas tenda apung (di atas Ponton rakitan drum plastik), Jumat (16/6/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua harian Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat, Deni Nurdyana Hadimin beserta pengurus lainnya. Bertempat di Embung Jangkar, Desa/Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu. Acara pembukaan Perkemahan Antar Saka (Peran Saka) Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Indramayu berjalan lancar dan dipenuhi stand dari satuan karya. Stand satuan karya (saka) warta pramuka, salah satunya dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Indramayu.

Bupati Indramayu Hj.Nina Agustina, memberikan apresiasi terkait adanya stand satuan karya Warta Pramuka dari organisasi profesi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Indramayu, ucapnya. Nina berharap pers dapat bersinergi dengan pemerintah guna untuk menyampaikan edukasi informasi yang baik dan benar kepada masyarakat melalui karya tulisnya.

“Kehadiran Saka Warta yang di inisiasi PWI tentu menjadi bagian penting bagi pemerintah Kabupaten Indramayu, agar dapat ikut membantu mengabarkan informasi yang baik dan benar tentang pembangunan disegala bidang,” tutur Nina.

Ketua harian Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat, Deni Nurdyana Hadimin mengapresiasi lahirnya rintisan Satuan Karya (Saka) Warta Pramuka dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Indramayu. 

Kami mengklaim, bahwa Saka Warta Pramuka PWI Indramayu adalah yang pertama kali di Provinsi Jawa Barat. Diungkapkan Deni kehadiran rintisan Saka Warta Pramuka menjadi bukti peminatan kegiatan kepramukaan di Kabupaten Indramyu semakin berkembang. 

“Kami tentu menyambut baik hadirnya Saka Warta PWI Indramayu. Ke depan, tentu kami berharap bisa diikuti oleh PWI di Kabupaten Kota lainnya di Jawa Barat,” ungkap Deni.

Ditempat yang sama, Ketua PWI Indramayu Dedy S.Musashi di dampingi sekretaris Cipyadi menjelaskan, ada 5 program prioritas sesuai Visi-Misi PWI Indramayu ‘Panca Aksi Dedikasi’.

Kegiatan stand Saka Warta PWI perkemahan Pramuka di Embung Jangkar Desa Sindang, merupakan salah satu implementasi dari Panca Aksi Dedikasi. Alhamdulillah

satu per satu badan otonom PWI Indramayu bisa terwujud, seperti IKWI, SIWO, PWI peduli, Mappilu. Tentu saja program itu bisa berjalan atas dasar dukungan dan peran aktif dari seluruh pengurus dan anggota.

Disamping itu kara Dedy, dalam menjalankan tugas kami selalu bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat, pemerintah, perusahaan swasta, BUMN, BUMD, dalam mewujudkan Indramayu Bermartabat sesuai tupoksinya masing-masing.

Saka Warta Pramuka sasarannya Pramuka Penegak (usia SMA), jadi Mabisaka bersifat pembinaan pada pelajar sebagai program PWI Indramayu. Sengaja dibentuk untuk memberikan edukasi serta pemahaman kepada pelajar melalui para penegak Pramuka tentang informasi yang sehat dan benar, ucapnya.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak atas dukungannya, terutama pemerintah Kabupaten Indramayu yang selalu mensuport program kerja PWI Indramayu”, tutur Dedy.

Pembina Saka Warta Pramuka, PWI Indramayu Hendra Sumiarsa menambahkan, usia pelajar diklaim sebagai salah satu kelompok umur yang rentan terhadap penyebaran berita hoaks atau berita bohong. Mereka mudah terpengaruh berita-berita yang tak jelas sumber dan substansinya (berita hoaks) sehingga perlu difilter melalui berbagai kegiatan positif salah satunya melalui kegiatan Pramuka. 

“Saka Warta Pramuka kami buat dalam empat krida yang seluruhnya bisa untuk penegak setingkat sekolah atas atau mahasiswa. Keempatnya adalah Krida Jurnalistik, Public Relations, Periklanan dan Kajian Media,” ujar Hendra. (Abdul Gani)

Artikel ini telah dibaca 43 kali

Baca Lainnya

Masa Tenang Pemilu 2024, Panwaslucam Karangampel Bersihkan 1.456 APK

14 Februari 2024 - 05:53 WIB

Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Diponegoro Lakukan Kunjungan Studi ke RU VI Balongan

8 Februari 2024 - 02:58 WIB

50.000 Lebih Penerima Manfaat Terbantu dari Sedekah Konsumen Alfamart

24 Januari 2024 - 13:46 WIB

Launching Kegiatan HPN 2024 dan HUT PWI Ke-78, Ditandai dengan Pelepasan Balon ke Udara

10 Januari 2024 - 13:10 WIB

Kuatkan Sinergi dalam Pemberdayaan Warga Binaan, RU VI Kunjungi Lapas Indramayu

9 Januari 2024 - 11:33 WIB

Tingkatkan Pengetahuan, DPMD Indramayu Sosialisasikan Panduan Laporan Keuangan untuk 309  BUMDes di Tahun 2023

5 September 2023 - 06:04 WIB

Trending di Seni Budaya