Menu

Mode Gelap
Tingkatkan Sinergitas, Direksi PT KPI & Pjs. GM RU VI Bertemu Kapolda Jabar dan Salurkan bantuan Golf Cart Sedulur Lurah Se-Kecamatan Anjatan (SULTAN) Peringati Ultah 1 Tahun Pertamina RU VI Lanjutkan Kerja Sama Pengamanan Obvitnas dengan Ditpamobvit Polda Jabar UPTD SDN 2 Cipancuh Gelar Pawidya 74 Siswa Kelas VI Tapel 2022 – 2023 SDN 1 Bugistua Lepas 63 Siswa Kelas VI, dan 100 Persen Melanjutkan ke Jenjang SMP

breaking news · 10 Jul 2024 08:51 WIB ·

Cetak Rekor MURI, Ratusan Ibu-ibu Ikuti Pemadaman Api Serentak di Pertamina RU VI Balongan


 Cetak Rekor MURI, Ratusan Ibu-ibu Ikuti Pemadaman Api Serentak di Pertamina RU VI Balongan Perbesar

BALONGAN – Dalam rangkaian peringatan Hari Pemadam Kebakaran Internasional atau International Fire Fighters Day (IFFD) 2024, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menggelar kegiatan Pencatatan Rekor Muri “Peragaan Pemadaman Kebakaran di Rumah Tangga secara Serentak oleh Petugas Terbanyak”, Rabu (10/7).

Kegiatan pencatatan rekor Muri ini dilaksanakan serentak di seluruh Kilang Pertamina di Indonesia beserta anak perusahaan PT KPI dengan total peserta sekitar 1553 orang se-Indonesia.

PT Kilang Pertamina Internasional Unit VI Balongan sendiri turut berpartisipasi dalam pencatatan rekor Muri ini dengan mengikusertakan 208 orang dalam peragaan pemadaman kebakaran tersebut.

Peragaan pemadaman yang dilakukan yakni praktik memadamkan api pada wajan, dengan menutup wajan yang terbakar tersebut menggunakan handuk yang dibasahi, serta setiap peserta turut mendapat pendampingan oleh Tim Emergency and Insurance RU VI selaku pelaksana acara agar aspek safety-nya tetap terjaga.

Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI Unit VI Balongan Mohamad Zulkifli menerangkan, 208 peserta dari PT KPI Unit VI Balongan adalah para ibu-ibu yang berasal dari delapan desa sekitar Kilang Balongan dan Perumahan Bumi Patra Pertamina, para istri pekerja Pertamina, Asisten Rumah Tangga sekitar Komplek Pertamina Bumi Patra, hingga mitra Binaan RU VI.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan aman, tanpa ada insiden peserta terluka akibat percikan api dan sebagainya”, tutur Zulkifli.

Disampaikan Zulkifli, kegiatan ini bertujuan sebagai sarana edukasi kepada masyarakat khususnya para ibu, tentang pentingnya pengetahuan cara memadamkan kebakaran di dapur, sehingga kebakaran awal yang terjadi bisa segera diantisipasi sehingga tidak menjadi kebakaran yang lebih besar.

Sementara itu, Manager Health, Safety, Security and Environtment (HSSE) PT KPI Unit VI Balongan dr. Nur Muhammad Marheliansyah dalam kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan International Fire Fighters Day (IFFD) merupakan moment untuk mengingat dan menghormati jasa-jasa para petugas pemadam kebakaran di seluruh dunia.

“PT KPI membesarkan acara ini karena untuk mengingatkan bahwa di Kilang – sebagai perusahaan oil and gas – memiliki risiko kerja dan kebakaran tinggi di dunia.” tegas dr. Nur.

Disampaiakan dr. Nur, diikutsertakannya para ibu dari desa ring 1 Kilang Pertamina Balongan ini sebagai perhatian kepada masyarakat, sehingga sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara-cara penanggulangan kebakaran kecil sehingga tidak menjadi besar.

Selain pencatatan Rekor Muri ini, lanjut dr. Nur, juga telah dilaksanakan kegiatan kegiatan Fire Goes to Campus beberapa waktu lalu di Kampus ITPB, kemudian pada 11 Juli 2024 akan dilaksanakan kompetisi Fire Combat yang juga melibatkan warga sekitar dan perusahan-perusahaan sekitar Kilang Balongan. (Abdul Gani)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Peringati Hari Anak Nasional, PAUD Soka Indah Desa Tegalurung Gelar Karnaval

24 Juli 2024 - 14:33 WIB

Hari Anak Nasional UPTD SDN 4 Sukaslamet Kroya Menyelenggarakan Pawai Dengan Tema Stop Buliying

23 Juli 2024 - 23:24 WIB

Enam Ratus Lebih Jamaah Asy-Syahadatain, Do’akan Nina Agustina dan Ady Setiawan

22 Juli 2024 - 12:59 WIB

Pemda Indramayu Beri Edukasi Soal DBD, Warga Minta Fogging Massal di Sekolah

22 Juli 2024 - 00:12 WIB

Ketua Asy-Syahadatain Habib Muhammad bin Agil Yahya Sebut Ady Setiawan Layak Dampingi Petahana Nina Agustina di Pilkada Indramayu 2024

20 Juli 2024 - 03:56 WIB

Anggota PWI Se-Bandung Raya Desak Pusat Segera Gelar KLB, Tuntut Mundur Ketum Hendry Ch. Bangun

19 Juli 2024 - 17:55 WIB

Trending di breaking news