Menu

Mode Gelap
Tingkatkan Sinergitas, Direksi PT KPI & Pjs. GM RU VI Bertemu Kapolda Jabar dan Salurkan bantuan Golf Cart Sedulur Lurah Se-Kecamatan Anjatan (SULTAN) Peringati Ultah 1 Tahun Pertamina RU VI Lanjutkan Kerja Sama Pengamanan Obvitnas dengan Ditpamobvit Polda Jabar UPTD SDN 2 Cipancuh Gelar Pawidya 74 Siswa Kelas VI Tapel 2022 – 2023 SDN 1 Bugistua Lepas 63 Siswa Kelas VI, dan 100 Persen Melanjutkan ke Jenjang SMP

breaking news · 2 Jul 2024 07:16 WIB ·

Gelar Goes to Campus, Pertamina RU VI kenalkan Alat Pemadam di Kilang Balongan


 Gelar Goes to Campus, Pertamina RU VI kenalkan Alat Pemadam di Kilang Balongan Perbesar

BALONGAN – Dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Pemadam kebakaran Internasional atau International Firefighters Day (IFFD), PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan menggelar kegiatan Fire Goes To Campus melalui Bagian Emergency and Insurance – HSSE RU VI. Kegiatan dilaksanakan di Kampus Institut Teknologi Petroleum Balongan, (2/7/2024)

Pjs. Section Head Emergency and Insurance RU VI Yogi Wardana dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Hari Pemadam Kebakaran Internasional atau International Firefighters Day diperingati setiap pada tanggal 4 Mei. Tujuannya, kata Yogi, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para petugas pemadam kebakaran atas jasa-jasa mereka.

Disampaikan Yogi, melalui kegiatan Goes to Campus ini, Pertamina memiliki maksud mensosialisasikan bahwa Kilang Pertamina Balongan sebagai industri migas yang memiliki risiko tinggi terjadinya insiden juga memiliki pekerja yang bertugas sebagai pemadam kebakaran dan perannya sangat penting dalam menjaga agar kebakaran tidak terjadi, atau jika terjadi insiden bisa cepat tertangani sesuai SOP perusahaan.

“Kami harap fire goes to campus ini bisa memberikan wawasan tentang equipment dan peran pemadam kepada mahasiswa”, terang Yogi.

Sementara itu, Rektor ITPB DR. Ir. H. Hanifah Handayani, MT, dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi atas kegiatan fire goes to campus yang digelar untuk mahasiswanya, terutama pada prodi Fire and safety dan rekayasa Keselamatan kebakaran.

Menurut Hanifah, melalui kegiatan lapangan yang dilakukan Kilang Pertamina Balongan ini dapat memberikan gambaran bagaiman system dan peralatan pemadam yang dimiliki Kilang Balongan dan ini selaras dengan mata kuliah di kampus ITPB.

“Kami harap ini memberikan semangat dan motivasi kepada mahasiswa untuk semakin meningkatkan kompetensi dan berharap kelak bisa menjadi bagian pekerja Kilang Pertamina Balongan”, terang Hanifah.

Kegiatan Fire Goes to campus ini materi terkait tools and equipment atau peralatan pemadam kebakaran di Kilang Balongan yang disampaikan oleh Shift Supervisor Fire Brigade RU VI Agus Hariyanto.

Dalam pemaparannya, Agus menerangkan saat ini Kilang Balongan dilengkapi dengan Fire Truck yang berfungsi membawa media pemadam seperti air, foam, dan dry chemical. Kemudian, lanjutnya, Kilang Balongan juga memiliki Fire Truck Bronto (mobil tangga) yang dikhususkan beroperasi untuk pemadam diketinggian.

Selain itu, Kilang Balongan juga dilengkapi HCFM (High Capacity Foam Monitor), Portable Fire Pump, Springkler Area Proses, hingga yang umum seperti Alat Pemadam Api Ringan. (Abdul Gani)

Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

Peringati Hari Anak Nasional, PAUD Soka Indah Desa Tegalurung Gelar Karnaval

24 Juli 2024 - 14:33 WIB

Hari Anak Nasional UPTD SDN 4 Sukaslamet Kroya Menyelenggarakan Pawai Dengan Tema Stop Buliying

23 Juli 2024 - 23:24 WIB

Enam Ratus Lebih Jamaah Asy-Syahadatain, Do’akan Nina Agustina dan Ady Setiawan

22 Juli 2024 - 12:59 WIB

Pemda Indramayu Beri Edukasi Soal DBD, Warga Minta Fogging Massal di Sekolah

22 Juli 2024 - 00:12 WIB

Ketua Asy-Syahadatain Habib Muhammad bin Agil Yahya Sebut Ady Setiawan Layak Dampingi Petahana Nina Agustina di Pilkada Indramayu 2024

20 Juli 2024 - 03:56 WIB

Anggota PWI Se-Bandung Raya Desak Pusat Segera Gelar KLB, Tuntut Mundur Ketum Hendry Ch. Bangun

19 Juli 2024 - 17:55 WIB

Trending di breaking news