Menu

Mode Gelap
Tingkatkan Sinergitas, Direksi PT KPI & Pjs. GM RU VI Bertemu Kapolda Jabar dan Salurkan bantuan Golf Cart Sedulur Lurah Se-Kecamatan Anjatan (SULTAN) Peringati Ultah 1 Tahun Pertamina RU VI Lanjutkan Kerja Sama Pengamanan Obvitnas dengan Ditpamobvit Polda Jabar UPTD SDN 2 Cipancuh Gelar Pawidya 74 Siswa Kelas VI Tapel 2022 – 2023 SDN 1 Bugistua Lepas 63 Siswa Kelas VI, dan 100 Persen Melanjutkan ke Jenjang SMP

breaking news · 20 Okt 2023 07:36 WIB ·

Herman Khaeron Sosialisasikan Dana Bergulir LPDB-KUMKM Kementerian Koperasi UKM 2023 di Indramayu


 Herman Khaeron Sosialisasikan Dana Bergulir LPDB-KUMKM Kementerian Koperasi UKM 2023 di Indramayu Perbesar

INDRAMAYU-Anggota Komisi VI DPR RI, HE Herman Khaeron (Hero) mensosialisasikan dana bergulir Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB-KUMKM) Kementerian Koperasi UKM 2023 kepada para pelaku UMKM di wilayah desa gabuskulon Kecamatan Gabus Wetan Kabupaten Indramayu, jumat (20/10/2023).

Sosialisasi dengan tema penguatan ketahanan pangan melalui pinjaman/pembiayaan dana bergulir kepada koperasi di Provinsi Jawa Barat tersebut dihadiri Pembina Mitra Sehati Kota/Kabupaten Cirebon dan Indramayu, Hj. dr. Ratnawati, Humas LPDB KUMKM Kemenkop UKM, Bayu Utomo dan juga sekjen DPC Demokrat H. Edi Kusnaedi caleg dapil 5 dari partai Demokrat .

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) merupakan Lembaga keuangan bukan bank yang berada di bawah koordinasi Kementerian Koperasi dan UKM. Lembaga ini diberikan mandat oleh kementerian Koperasi dan UKM untuk mendistribusikan dan mengelola dana APBN yang diperuntukkan khusus pelaku koperasi maupun usaha mikro kecil dan menengah.

Para peserta diberi kesempatan untuk bertanya perihal sosialisasi tersebut.Herman Khaeron (Hero) mengatakan, pihaknya melakukan sosialisasi dana bergulir LPDB-KUMKM Kementerian Koperasi UKM 2023 kepada para pelaku UMKM, hal ini menjadi penting karena LPDB-KUMKM adalah lembaga pembiayaan yang dibuat oleh Kemenkop UKM untuk membiayai usaha-usaha mikro, kecil dan menengah.


“Meskipun, LPBD KUMKM belum memiliki kantor di daerah tetapi bisa diakses melalui website dan hal ini harus terus disosialisasikan agar bertujuan untuk menyentuh langsung kemasyarakatan yang mempunyai UMKM mikro ,menengah dapat sejahtera,”ujar Hero.

Hero menambahkan, dirinya yakin di desa-desa banyak potensi yang bisa dikembangkan sebagai usaha masyarakat, kita harus menjemput potensi ini ke daerah dan bahkan saya dijakarta sebagai Mitra kerja beberapa kementerian termasuk kementrian koperasi yang salah satu nya Direktorat nya mengurusi LPDB ini.

Pihaknya ga menekankan harus jemput bola dimana kantong kantong masyarakat yang mempunyai usaha yang bisa dikembangkan dan membutuhkan modal,ayo datang kesitu mensosialisasikan syarat dan persyaratan apapun, apakah layak atau tidak itu urusan belakangan.Sejatinya pelaku usaha didesa itu layak karena mereka itu polos tanpa ada macam macam, mereka usaha yang penting bisa makan.Bagaimana ditingkatkan yang biasa untuk sehari-hari untuk makan ditingkatkan untuk biaya sekolah dan bisa menularkan untuk lapangan kerja yang lainnya,kalau bisa menularkan lapangan kerja inilah menjadi harapan kita semua apalagi kami membina UMKM dan lagi dr. Ratnawati Pembina UMKM Mitra sehati, ini yang saya lakukan karena apa ini adalah konsep pemberdayaan masyarakat.

“Sementara ini LPDB kantornya dijakarta dan jangan sampai dimanfaatkan oleh kalangan tertentu saja, sengaja saya ajak keliling ke kampung kampung desa desa untuk me sosialisasi mudah mudahan peluang ini dapat membuka cakrawala baru bagi pengusaha di desa untuk meningkatkan volume usahanya, ” jelas hero Anggota DPR RI Komisi VI.

Masyarakat senang dengan kegiatan ini karena ada ruang baru bagi mereka untuk juga upayanya mendapatkan pembiayaan dari LPDB. (Darsono)

Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

Ramadan dan Idul Fitri Berjalan Lancar, Ketua BDI RU VI : Zakat dan Infak Capai Lebih 190 Juta Telah Disalurkan

11 April 2024 - 06:44 WIB

Masjid Baiturrahim Sukamelang Adakan Takbir Keliling Sambut Idul Fitri 1445 H

10 April 2024 - 07:48 WIB

RU VI Salurkan Paket Sembako untuk Warga Sepanjang Jalur Pipa Air Salamdarma – Kilang Balongan

8 April 2024 - 14:14 WIB

Laksanakan FGD CSR, Pertamina RU VI Konsisten Bina Masyarakat Melalui Program Pemberdayaan

7 April 2024 - 08:30 WIB

Yudi Rustomo Bacabup Kuda Hitam dari Partai Golkar Pilkada Indramayu 2024

7 April 2024 - 08:25 WIB

PLN Nusantara Power UP Indramayu Siaga Pasokan Listrik, untuk Sukseskan Idul Fitri 1445 H Terang Benderang

7 April 2024 - 08:20 WIB

Trending di breaking news