Menu

Mode Gelap
Tingkatkan Sinergitas, Direksi PT KPI & Pjs. GM RU VI Bertemu Kapolda Jabar dan Salurkan bantuan Golf Cart Sedulur Lurah Se-Kecamatan Anjatan (SULTAN) Peringati Ultah 1 Tahun Pertamina RU VI Lanjutkan Kerja Sama Pengamanan Obvitnas dengan Ditpamobvit Polda Jabar UPTD SDN 2 Cipancuh Gelar Pawidya 74 Siswa Kelas VI Tapel 2022 – 2023 SDN 1 Bugistua Lepas 63 Siswa Kelas VI, dan 100 Persen Melanjutkan ke Jenjang SMP

breaking news · 21 Mar 2024 07:04 WIB ·

KPI RU VI Balongan Kembali Raih 5 Penghargaan Bergengsi


 KPI RU VI Balongan Kembali Raih 5 Penghargaan Bergengsi Perbesar

BOGOR – Sebagai Industri Migas yang fokus dalam pengolahan minyak mentah menjadi Bahan Bakar Minyak, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan Juga memiliki komitmen untuk memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR).

Atas komitmen tersebut, Kilang Pertamina Balongan kembali sukses memborong 5 penghargaan bergengsi pada ajang Indonesia CSR Excellence Award (ICEA) 2024 yang diselenggarakan First Indonesia Magazine.

Dari 5 penghargaan tersebut, 4 di antaranya diberikan kepada perusahaan (PT KPI RU VI) yaitu The Best CSR in Disaster Management, The Best CSR in Mitigating, Disaster Excellence Community Program, serta The Best Workplace Environtment.

Sedangkan satu penghargaan lagi diberikan kepada General Manager PT KPI RU VI Balongan Sugeng Firmanto yang dinobatkan sebagai The Best Leadership Focus on CSR.

Penghargaan ICEA 2024 tersebut diterima oleh Yudi Ardhana selaku Manager Maintenance Execution RU VI, didampingi Officer I CSR and SMEPP PT KPI RU VI Balongan Andromedo Cahyo Purnomo, di Hotel Salak The Heritage, Bogor, Rabu (20/4/2024), mewakili General Manager PT KPI RU VI Sugeng Firmanto.

Mewakili GM, Yudi Ardhana mengatakan bahwa penghargaan ini membuktikan bahwa proses bisnis yang dijalankan Kilang Pertamina Balongan tidak hanya berorientasi pada kegiatan produksi BBM dan pencapaian profit saja, namun juga turut andil berkontribusi dalam peningkatan ekonomi masyarakat, menjalin hubungan sosial yang baik dengan lingkungan sekitar, dan melakukan tindakan pelestarian alam secara berkelanjutan.

“Komitmen kami adalah bagaimana keberadaan Kilang Balongan tetap memberikan manfaat untuk masyarakat dan daerah,” ungkap Yudi.

Sementara itu, secara terpisah Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI RU VI Balongan Mohamad Zulkifli mengungkapkan, salah satu program CSR atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang mendukung pencapaian penghargaan ini adalah program Pemuda Tangguh Bencana (PETA) yang dilaksanakan untuk pemuda sekitar Kilang Balongan, Emergency Drill melibatkan masyarakat dan program Camp Relawan yang rutin dilaksanakan di Bulan K3 untuk mempersiapkan relawan tangguh bencana di kabupaten Indramayu serta adanya Tim Tanggap Bencana dari unsur pekerja yang siap jika diterjunkan ke lokasi bencana berkolaborasi dengan stakeholder terkait kebencanaan. Upaya peningkatan pengetahuan keselamatan pekerja industri dan aksi pengendalian sampah lingkungan pesisir juga dilaksanakan melalui progam FOKSI dan Wiralodra

 

Dikatakan Zulkifli, melalui Program PETA termasuk Camp Relawan maka masyarakat diberikan sosialisasi dan pelatihan-pelatihan tanggap bencana seperti mengenali tanda sirine bahaya, membuat tanda dan jalur evakuasi, serta pelatihan dasar sebagai relawan bencana.

Selain itu, lanjut Zul, Pemuda-pemuda ini juga diikutsertakan dalam kegiatan Major Emergency Drill yang rutin tiap tahun dilaksanakan.

“Kami (Pertamina RU VI) dalam 2 tahun ini telah menyelenggarakan kegiatan Camp Relawan sebanyak 2 kali, Anggota PETA ini juga dilibatkan agar mendapat pendidikan cara evakuasi dan pertolongan kepada korban bencana dari Basarnas, BPBD, PMI dan organisasi volunteer lainnya,” Jelas Zulkifli. (Abdul Gani)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

Baca Lainnya

Ramadan dan Idul Fitri Berjalan Lancar, Ketua BDI RU VI : Zakat dan Infak Capai Lebih 190 Juta Telah Disalurkan

11 April 2024 - 06:44 WIB

Masjid Baiturrahim Sukamelang Adakan Takbir Keliling Sambut Idul Fitri 1445 H

10 April 2024 - 07:48 WIB

RU VI Salurkan Paket Sembako untuk Warga Sepanjang Jalur Pipa Air Salamdarma – Kilang Balongan

8 April 2024 - 14:14 WIB

Laksanakan FGD CSR, Pertamina RU VI Konsisten Bina Masyarakat Melalui Program Pemberdayaan

7 April 2024 - 08:30 WIB

Yudi Rustomo Bacabup Kuda Hitam dari Partai Golkar Pilkada Indramayu 2024

7 April 2024 - 08:25 WIB

PLN Nusantara Power UP Indramayu Siaga Pasokan Listrik, untuk Sukseskan Idul Fitri 1445 H Terang Benderang

7 April 2024 - 08:20 WIB

Trending di breaking news