Menu

Mode Gelap
Tingkatkan Sinergitas, Direksi PT KPI & Pjs. GM RU VI Bertemu Kapolda Jabar dan Salurkan bantuan Golf Cart Sedulur Lurah Se-Kecamatan Anjatan (SULTAN) Peringati Ultah 1 Tahun Pertamina RU VI Lanjutkan Kerja Sama Pengamanan Obvitnas dengan Ditpamobvit Polda Jabar UPTD SDN 2 Cipancuh Gelar Pawidya 74 Siswa Kelas VI Tapel 2022 – 2023 SDN 1 Bugistua Lepas 63 Siswa Kelas VI, dan 100 Persen Melanjutkan ke Jenjang SMP

Seni Budaya · 8 Feb 2024 02:58 WIB ·

Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Diponegoro Lakukan Kunjungan Studi ke RU VI Balongan


 Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Diponegoro Lakukan Kunjungan Studi ke RU VI Balongan Perbesar

INSRAMAYU – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit VI Balongan menerima kunjungan studi 85 mahasiswa Teknik Kimia Universitas Diponegoro Semarang, Selasa (06/2/2024).

Sesuai dengan program studi yang ditempuh, visit industrial mahasiswa Teknik Kimia ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan terkait bagaimana sistem kerja proses kimia di Kilang Balongan dalam mengolah minyak mentah menjadi produk BBM dengan kualitas yang ditetapkan oleh pemerintah dan berstandar internasional.

Kunjungan Mahasiswa Universitas Diponegoro ini mendapat sambutan baik oleh Manager Produksi II, Muhammad Taufiq Ridho, yang hadir mewakili General Manager PT KPI RU VI Balongan Sugeng Firmanto.

Disampaikan Taufiq, Kilang Balongan merupakan Kilang dengan kapasitas pengolahan sebesar 150 ribu barel perhari yang menopang kebutuhan BBM dalam negeri.

Untuk menjaga kehandalan kilang, kata Taufiq, Saat ini Kilang Balongan tengah melakukan persiapan Start Up pasca dilaksanakannya kegiatan perawatan.

Dikatakan Taufiq Ridho, cukup banyak lulusan dari Teknik Kimia Universitas Diponegoro yang bergabung bekerja menjadi perwira Pertamina, termasuk di Kilang Balongan.

“Semoga kunjungan ini juga memberikan semangat kepada mahasiswa untuk menggapai cita-cita yang diharapkan, termasuk apabila bertujuan menjadi bagian dari Pertamina”, tanda Taufiq.

Sementara itu, Prof. Tutuk Djoko Kusworo selaku dosen yang mendampingi kunjungan mahasiswa ini menyampaikan bahwa visitasi mahasiswa Teknik Kimia ini merupakan langkah pengenalan kepada mahasiswa terkait industri agar ketika memasuki kerja praktek telah memiliki bekal dan pengalaman.

“Kami harap kunjungan ini juga bisa meningkatkan silaturahmi dan sinergitas antara Pertamina dan Universitas,” ungkap Prof Tutuk.

Pada kunjungan ini, mahasiswa bersama dosen pendamping menerima materi tentang kilang yang berlangsung di gedung pertemuan Patra Ayu Perumahan Pertamina Bumi Patra oleh Junior Enginer II DTU Complex dari Fungsi Engineering & Development RU VI Balongan, Rifqi Rakhmani Al Farisi dan dilanjutkan dengan visit ke dalam Kilang untuk melihat langsung unit dan proses produksi Kilang Balongan.

Saat meninjau unit RCC, Rifqi menjelaskan bahwa Kilang Balongan merupakan Kilang Pertamina yang memiliki nilai Nelson Complexity Index (NCI) 11.9, yang merupakan kilang dengan nilai NCI tertinggi diantara semua kilang Pertamina saat ini. Indeks ini menggambarkan kompleksitas kilang, semakin tinggi Nilai NCI, maka kilang menghasilkan lebih banyak produk berkualitas tinggi dan proses produksi lebih efisien, dan unit RCC ini merupakan unit penghasil margin terbesar kilang Balongan.

Kegiatan itu ditutup dengan kunjungan ke fasilitas pengolahan Kilang Balongan dimana mahasiswa dapat melihat secara langsung unit-unit yang menghasilkan produk-produk unggulan Pertamina, tutupnya. (Abdul Gani)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Masa Tenang Pemilu 2024, Panwaslucam Karangampel Bersihkan 1.456 APK

14 Februari 2024 - 05:53 WIB

50.000 Lebih Penerima Manfaat Terbantu dari Sedekah Konsumen Alfamart

24 Januari 2024 - 13:46 WIB

Launching Kegiatan HPN 2024 dan HUT PWI Ke-78, Ditandai dengan Pelepasan Balon ke Udara

10 Januari 2024 - 13:10 WIB

Kuatkan Sinergi dalam Pemberdayaan Warga Binaan, RU VI Kunjungi Lapas Indramayu

9 Januari 2024 - 11:33 WIB

Tingkatkan Pengetahuan, DPMD Indramayu Sosialisasikan Panduan Laporan Keuangan untuk 309  BUMDes di Tahun 2023

5 September 2023 - 06:04 WIB

Media Kreator Jabar Mengucapkan Selamat HUT Ke 18 RSUD Kabupaten Bekasi, dan Suport untuk Pelayanan Semakin Prima

31 Agustus 2023 - 14:37 WIB

Trending di Seni Budaya