Menu

Mode Gelap
Tingkatkan Sinergitas, Direksi PT KPI & Pjs. GM RU VI Bertemu Kapolda Jabar dan Salurkan bantuan Golf Cart Sedulur Lurah Se-Kecamatan Anjatan (SULTAN) Peringati Ultah 1 Tahun Pertamina RU VI Lanjutkan Kerja Sama Pengamanan Obvitnas dengan Ditpamobvit Polda Jabar UPTD SDN 2 Cipancuh Gelar Pawidya 74 Siswa Kelas VI Tapel 2022 – 2023 SDN 1 Bugistua Lepas 63 Siswa Kelas VI, dan 100 Persen Melanjutkan ke Jenjang SMP

breaking news · 8 Des 2023 03:38 WIB ·

Makali Kumar Hadiri Rakerda SMSI Kaltim dan Deklarasi Pemilu Damai di Berau


 Makali Kumar Hadiri Rakerda SMSI Kaltim dan Deklarasi Pemilu Damai di Berau Perbesar

BERAU– Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Kalimatan Timur (Kaltim) mengadakan rapat kerja daerah (Rakerda) dan Deklarasi Pemilu Damai di Hotel Bumi Segah, Tanjung Redeb, Kabupaten Berau pada Kamis (7/12/2023). Kegiatan ini dibuka Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, yang mewakili Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik, dan dihadiri pengurus SMSI Pusat, Makali Kumar SH yang mewakili Ketua Umum Firdaus

Makali Kumar SH, selalu ketua Bidang Hukum, Arbitrase dan Legislasi SMSI Pusat, dalam kesempatan itu menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran ketua umum, Firdaus yang masih ada kegiatan di Pontianak. Namun pihak SMSI pusat mengapresiasi positif kegiatan Rakerda dan deklarasi Pemilu damai 2024 yang digelar SMSI Provinsi Kaltim. Kegiatan ini juga, merupakan respon yang cepat di internal SMSI tingkat provinsi, menyikapi hasil Rakernas SMSI di Jakarta baru-baru ini, yang salah satu agendanya adalah turut serta perusahaan media online dalam mewujudkan pemilu yang damai demi terwujudnya Indonesia sejahtera.

Dalam Rakerda SMSI Kaltim ini dihadiri para pejabat pemerintah tingkat provinsi, kabupaten/kota se-Kaltim, dan tokoh masyarakat dan kalangan pengusaha di Kaltim.

Mengawali acara yang diikuti para pimpinan perusahaan pers (media siber) di Kaltim, Ketua SMSI Kaltim, Abdurahman Amin mengatakan, SMSI merupakan asosiasi perusahaan media yang terbesar di Kaltim saat ini.

Ia menyatakan bahwa SMSI sebagai konstituen Dewan Pers terus berupaya berkontribusi dalam dunia pers sebagai pilar keempat demokrasi.

“Pers adalah anak kandung demokrasi. Itulah sebabnya, pers harus sehat dan bermartabat. Rakerda SMSI di Berau tahun ini berupaya untuk mencapai tujuan mulia tersebut,” jelas Rahman.

Ia menambahkan bahwa pers yang sehat dan wartawan yang sejahtera sangat memengaruhi kualitas pemberitaan. Faktor-faktor tersebut turut menentukan kualitas seorang jurnalis yang bekerja di perusahaan pers.

Memasuki tahun politik pada 2024, SMSI Kaltim yang menaungi 99 perusahaan pers di Kaltim merangkai rakerda dengan deklarasi Pemilu Damai 2024. Hal tersebut ditandai dengan penandatangan kesepahaman antara SMSI Kaltim dengan Badan Pengawas Pemilu Kaltim.

“Pers memegang peran yang penting memasuki tahapan pemilu seperti sekarang. Kami mengapresiasi inisiatif SMSI yang mendeklarasikan pemilu damai ini,” jelas komisioner Bawaslu Kaltim, Daini Rahmat.

Ketua Bidang Hukum SMSI Pusat, Makali Kumar SH, mengatakan bahwa SMSI telah dinyatakan sebagai asosiasi media terbesar di Indonesia. Saat ini, anggota SMSI mencapai 2.000 perusahaan pers. Ia menekankan bahwa bukan hanya kuantitas yang besar, SMSI perlu meningkatkan kualitas anggotanya.

“Kami juga mendukung kegiatan SMSI skala nasional berikutnya diadakan di Berau sekaligus mendukung sektor pariwisata di daerah,” jelas Markali yang hadir dalam rakerda.

Sementara itu, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, menyampaikan pesan dari Pj Gubernur Kaltim. Menurutnya, Deklarasi Pemilu Damai 2024 ini merupakan hal positif yang dapat menjaga kondusivitas di Kaltim. “Kepada seluruh media siber di Kaltim, kiranya menyampaikan pemberitaan yang tepat dan akurat, sehingga menghindari hoaks yang dapat memecah belah kita,” tuturnya.

Sebagai informasi, pembukaan Rakerda SMSI 2023 di Berau juga dihadiri Wakil Direktur Intelkam Polda Kaltim, AKBP Sindhu Brahmarya, yang mewakili kepala Polda Kaltim. Pembukaan rakerda juga dihadiri perwakilan kejaksaan negeri dari sejumlah kabupaten/kota, asosiasi pengusaha di Berau, serta unsur forum komunikasi pimpinan daerah di Bumi Batiwakal.

Sebelumnya dalam laporannya, Ketua SMSI Berau Indra Teguh Nur Cahyadi menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah Rakerda SMSI Kaltim.

Menurut Direktur A-News.com ini pelaksanaan Rakerda tersebut untuk mengukur kesanggupan dirinya menggelar kegiatan berskala nasional.

“Karena kami mendorong Berau menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) pada 2024 mendatang. Kalau rencana itu disetujui kami ingin memperkenalkan potensi wisata bahari di daerah ini,” pungkas Teguh. (dar/rls)

Artikel ini telah dibaca 24 kali

Baca Lainnya

Dihadapan Mahasiswa, Kilang Balongan Paparkan Kontribusi dalam Dunia Pendidikan

14 Juni 2024 - 11:42 WIB

Bahas aspek HSSE dan Regenerasi Pekerja, Direktur SDM KPI RU VI Balongan Sapa Frontline Kilang Balongan

14 Juni 2024 - 11:38 WIB

Peringati Hari Pemadam Kebakaran Internasional, Kilang Balongan akan Edukasi Warga Hingga Mahasiswa

14 Juni 2024 - 11:32 WIB

Kuwu Desa Sukagumiwang, Wasma, Diperiksa Polisi atas Dugaan Ancaman Pembunuhan Terhadap Wartawan

11 Juni 2024 - 15:01 WIB

Wacana Duet Daniel- Tobroni di Pilkada Indramayu 2024 Mulai Mencuat dan Dianggap Ideal Sesama Tokoh Muda Asli Indramayu

9 Juni 2024 - 11:04 WIB

Komisaris Bangga dengan Kilang Balongan, Tegaskan Tujuan Pencapaian Profit Harus Utamakan Aspek Safety

9 Juni 2024 - 10:27 WIB

Trending di breaking news