Menu

Mode Gelap
Tingkatkan Sinergitas, Direksi PT KPI & Pjs. GM RU VI Bertemu Kapolda Jabar dan Salurkan bantuan Golf Cart Sedulur Lurah Se-Kecamatan Anjatan (SULTAN) Peringati Ultah 1 Tahun Pertamina RU VI Lanjutkan Kerja Sama Pengamanan Obvitnas dengan Ditpamobvit Polda Jabar UPTD SDN 2 Cipancuh Gelar Pawidya 74 Siswa Kelas VI Tapel 2022 – 2023 SDN 1 Bugistua Lepas 63 Siswa Kelas VI, dan 100 Persen Melanjutkan ke Jenjang SMP

breaking news · 20 Mei 2024 10:35 WIB ·

Masyarakat Cemara Kulon Senang Dibangunnya Jembatan Penyebrangan


 Masyarakat Cemara Kulon Senang Dibangunnya Jembatan Penyebrangan Perbesar

INDRAMAYU – Masyarakat Desa Cemara Kulon, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu kini dapat menyeberang tambak tanpa bersusah payah. Dengan jembatan baru, mereka dapat menghemat waktu hingga 20 menit tanpa perlu berputar jauh.

Jembatan ini dibangun atas inisiasi Kelompok Tani Hutan (KTH) Cemara Kulon dibantu dari Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ). Hampir semua material jembatan berasal dari palet limbah bekas operasional perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi minyak dan gas tersebut.

Palet kayu sebanyak 17.729,4 kilogram dimanfaatkan masyarakat untuk pembangunan dan revitalisasi dua jembatan, pembuatan miniatur kincir angin, pembuatan meja dan juga kursi. Jembatan baru ini pun lebih aman dari jembatan lama. Sebelumnya, warga harus ekstra hati-hati saat melewati jembatan lama karena hanya selebar bahu orang dewasa.

Manager Communication, Relations, and CID Regional Jawa Hari Setyono saat meninjau dan meresmikan jembatan, berharap pembangunan jembatan ini tidak hanya untuk memudahkan akses bagi masyarakat Desa Cemara Kulon ke lokasi tambak, tetapi juga akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas mereka. Perusahaan berkomitmen untuk terus mendukung pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional kami.

“Terima kasih atas kerja sama dan dukungan semua pihak dalam mewujudkan jembatan baru ini. Kami yakin bahwa kolaborasi ini akan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi semua pihak yang terlibat,” kata Hari.

Selain sebagai akses menuju lokasi tambak, jembatan baru ini juga dimanfaatkan KTH Cemara Kulon untuk memantau program budidaya lembah mangrove yang sedang berjalan. Selama satu tahun berjalan, KTH Cemara Kulon terus menanam di lahan non produktif yang berada di sekitar jembatan. Tanaman ini jadi vegetasi, dan makanan lebah sekaligus menghasilkan madu yang diharapkan nantinya bisa bernilai ekonomi bagi masyarakat.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Dodit Ardian Pancapana dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada PHE ONWJ. Menurutnya, pembangunan jembatan ini jadi harapan besar masyarakat.

“Keberadaan jembatan ini sangat bermanfaat, dapat memangkas waktu warga yang akan melintas tambak. Nantinya, taman ini dapat dimanfaatkan sebagai area wisata sekaligus sarana melestarikan dan memanfaatkan ekosistem mangrove secara berkelanjutan,” katanya saat memberikan sambutan.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Cemara Kulon, Sudarno menambahkan kalau pembangunan jembatan baru adalah salah satu langkah mewujudkan harapan masyarakat desa. “Kami punya mimpi memiliki Taman Cemara Kulon. Setahun yang lalu, lokasi di sini masih semak belukar. Pelan-pelan kami rapikan dan tanami. Kami ingin manfaatkan lahan tidur bisa jadi lahan yang berguna sekaligus sebagai amal ibadah,” pungkas Sudarno. (Tarudin)

Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Dihadapan Mahasiswa, Kilang Balongan Paparkan Kontribusi dalam Dunia Pendidikan

14 Juni 2024 - 11:42 WIB

Bahas aspek HSSE dan Regenerasi Pekerja, Direktur SDM KPI RU VI Balongan Sapa Frontline Kilang Balongan

14 Juni 2024 - 11:38 WIB

Peringati Hari Pemadam Kebakaran Internasional, Kilang Balongan akan Edukasi Warga Hingga Mahasiswa

14 Juni 2024 - 11:32 WIB

Kuwu Desa Sukagumiwang, Wasma, Diperiksa Polisi atas Dugaan Ancaman Pembunuhan Terhadap Wartawan

11 Juni 2024 - 15:01 WIB

Wacana Duet Daniel- Tobroni di Pilkada Indramayu 2024 Mulai Mencuat dan Dianggap Ideal Sesama Tokoh Muda Asli Indramayu

9 Juni 2024 - 11:04 WIB

Komisaris Bangga dengan Kilang Balongan, Tegaskan Tujuan Pencapaian Profit Harus Utamakan Aspek Safety

9 Juni 2024 - 10:27 WIB

Trending di breaking news