Menu

Mode Gelap
Tingkatkan Sinergitas, Direksi PT KPI & Pjs. GM RU VI Bertemu Kapolda Jabar dan Salurkan bantuan Golf Cart Sedulur Lurah Se-Kecamatan Anjatan (SULTAN) Peringati Ultah 1 Tahun Pertamina RU VI Lanjutkan Kerja Sama Pengamanan Obvitnas dengan Ditpamobvit Polda Jabar UPTD SDN 2 Cipancuh Gelar Pawidya 74 Siswa Kelas VI Tapel 2022 – 2023 SDN 1 Bugistua Lepas 63 Siswa Kelas VI, dan 100 Persen Melanjutkan ke Jenjang SMP

breaking news · 22 Agu 2023 01:02 WIB ·

Peduli Lingkungan, Kilang Balongan Tanam 100 Cemara Laut di Pesisir Pantai


 Peduli Lingkungan, Kilang Balongan Tanam 100 Cemara Laut di Pesisir Pantai Perbesar

BALONGAN – Sebagai upaya pengendalian lingkungan dari ancaman abrasi sekaligus mitigasi terhadap perubahan iklim, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan melakukan penanaman 100 bibit pohon Cemara di sekitar pesisir pantai Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu.

Penanamannya sendiri sudah dilakukan sejak Rabu (16/8/2023) yang melibatkan kelompok Wilayah Pengelola Daur Ulang Sampah (Wiralodra) dan Forum Rembug Balongan (Forbal) yang merupakan kelompok masyarakat binaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kilang Pertamina Balongan.

Officer I CSR and SMEPP PT KPI RU VI Balongan Andromedo Cahyo Purnomo yang hadir mewakili perusahaan mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Pertamina terhadap kelestarian lingkungan wilayah Ring 1 Kilang Balongan khususnya di pesisir pantai.

Dikatakan Andromedo, masyarakat yang dilibatkan pada penanaman pohon ini adalah kelompok masyarakat yang sadar akan pentingnya lingkungan yang bersih dan sehat, oleh sebab itu, selain diberdayakan dalam program daur ulang sampah, mereka juga dilibatkan dalam proses melindungi lingkungan melalui gerakan penghijauan yakni dengan penanaman pohon.

“Semoga Cemara Laut ini kelak memberikan manfaat besar untuk lingkungan dan masyarakat sekitar,” terang Andromedo.

Andromedo menambahkan, lokasi penanaman Cemara yang berada di RT 06 RW 02 ini nantinya juga akan dipasang rambu-rambu evakuasi keadaan darurat mengingat lokasi penanaman letaknya juga masih disekitar wilayah operasi unit bisnis Pertamina.

Ketua Forum Rembug Balongan (Forbal), Sumarto, menyampaikan apresiasinya kepada Pertamina RU VI Balongan yang memiliki komitmen kuat dalam upaya melindungi lingkungan dari potensi perubahan iklim dan cuaca di masa depan.

Dikatakan Sumarto, penanaman Cemara Laut ini sangat tepat sebab ketika tumbuh besar selain memperindah lingkungan juga dapat menghambat laju abrasi dan terjangan ombak.

Ketua Kelompok Wiralodra, Matori, juga turut menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas program kepedulian lingkungan yang dijalankan Pertamina RU VI Balongan.

“Semoga kegiatan ini bisa dilihat banyak kalangan termasuk anak-anak, sehingga kecintaan terhadap lingkungan bisa semakin menggelora”, kata Matori. (Abdul Gani)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Dihadapan Mahasiswa, Kilang Balongan Paparkan Kontribusi dalam Dunia Pendidikan

14 Juni 2024 - 11:42 WIB

Bahas aspek HSSE dan Regenerasi Pekerja, Direktur SDM KPI RU VI Balongan Sapa Frontline Kilang Balongan

14 Juni 2024 - 11:38 WIB

Peringati Hari Pemadam Kebakaran Internasional, Kilang Balongan akan Edukasi Warga Hingga Mahasiswa

14 Juni 2024 - 11:32 WIB

Kuwu Desa Sukagumiwang, Wasma, Diperiksa Polisi atas Dugaan Ancaman Pembunuhan Terhadap Wartawan

11 Juni 2024 - 15:01 WIB

Wacana Duet Daniel- Tobroni di Pilkada Indramayu 2024 Mulai Mencuat dan Dianggap Ideal Sesama Tokoh Muda Asli Indramayu

9 Juni 2024 - 11:04 WIB

Komisaris Bangga dengan Kilang Balongan, Tegaskan Tujuan Pencapaian Profit Harus Utamakan Aspek Safety

9 Juni 2024 - 10:27 WIB

Trending di breaking news