Menu

Mode Gelap
Tingkatkan Sinergitas, Direksi PT KPI & Pjs. GM RU VI Bertemu Kapolda Jabar dan Salurkan bantuan Golf Cart Sedulur Lurah Se-Kecamatan Anjatan (SULTAN) Peringati Ultah 1 Tahun Pertamina RU VI Lanjutkan Kerja Sama Pengamanan Obvitnas dengan Ditpamobvit Polda Jabar UPTD SDN 2 Cipancuh Gelar Pawidya 74 Siswa Kelas VI Tapel 2022 – 2023 SDN 1 Bugistua Lepas 63 Siswa Kelas VI, dan 100 Persen Melanjutkan ke Jenjang SMP

breaking news · 19 Jan 2024 11:58 WIB ·

Terapkan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Inovasi Pengolahan Sampah, RU VI Terima Penghargaan dalam Indonesia Green Award 2024


 Terapkan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Inovasi Pengolahan Sampah, RU VI Terima Penghargaan dalam Indonesia Green Award 2024 Perbesar

INDRAMAYU – PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit VI Balongan meraih Penghargaan Nasional Lingkungan Hidup, Indonesia Green Awards 2024 pada kategori “Mengembangkan Pengolahan Sampah Terpadu” melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) – Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Plakat Menggunakan Kompor Minyak Jelantah yang dijalankan oleh Kelompok Mitra Binaan Bank Sampah Wilayah Masyarakat Pengelola Daur Ulang Sampah (Wiralodra) dengan predikat The Promising.

Penghargaan tersebut diterima oleh Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI RU VI Balongan Mohamad Zulkifli dalam gelaran Penganugerahan Indonesia Green Award (IGA) 2024 yang diadakan oleh La Tofi School of Social Responsibility dan diselenggarakan di Bali Room – Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

Atas penghargaan tersebut, Zulkifli menjelaskan bahwa Penghargaan ini merupakan bentuk wujud nyata atas komitmen, konsistensi dan sustainability RU VI dalam menjalankan pemberdayaan masyarakat di sekitar Kilang RU VI Balongan.

“Inovasi dalam pengolahan sampah plastik menjadi produk yang bernilai ekonomi ini sejalan dengan semangat RU VI Balongan untuk senantiasa menciptakan terobosan baru.”, terang Zulkifli.

Dijelaskan Zulkifli lebih lanjut, adapun Program Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Plakat Menggunakan Kompor Minyak Jelantah merupakan pengembangan dan inovasi dari Bank Sampah Wiralodra yang diinisiasi sejak 2019.

Dengan konsep Zero Waste sampah plastik tidak hanya dijadikan plakat sebagai produk utama tetapi juga dapat diolah menjadi kerajinan tangan yang bernilai ekonomi, seperti kotak tisu, medali, dan jam dinding.

Selain itu, Bank Sampah Wiralodra juga mengelola sampah anorganik sebesar 300 kg per bulan yang diubah menjadi pakan maggot. Hasilnya program ini memberikan dampak positif bagi masyarakat, mengurangi timbunan sampah, dan meningkatkan pendapatan anggotanya.

“Tentunya penghargaan ini kami jadikan penyemangat dan motivasi untuk terus konsisten melaksanakan Edukasi serta menjalankan program-program lingkungan sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang bermanfaat bagi Masyarakat, perusahaan dan lingkungan”, pungkas Zulkifli

Pada ajang tersebut, PT Pertamina (Persero) selaku holding turut mendapatkan penghargaan sebagai The Guardian karena berhasil meraih seluruh kategori dengan menyertakan lebih dari 70 program. Selain itu Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menerima penghargaan sebagai EcoStar karena kecemerlangannya memimpin Pertamina sehingga menjadi Perusahaan yang paling peduli dengan lingkungan, tutupnya. (Abdul Gani)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Persatuan Wanita Patra PT KPI RU VI Balongan, Salurkan 1.000 Paket Sembako Untuk Dhuafa

22 Februari 2024 - 10:19 WIB

Rakernas SMSI Sepakati 3 Agenda Utama

20 Februari 2024 - 06:45 WIB

PT KPI RU VI Balongan Resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

20 Februari 2024 - 05:25 WIB

Bawaslu Indramayu Rekomendasikan Pemungutan Suara Ulang di Tiga TPS

17 Februari 2024 - 14:28 WIB

Peduli terhadap Kesehatan Pekerja, Kilang Pertamina Balongan gelar Seminar Illness Fatality

16 Februari 2024 - 10:19 WIB

Antusias Warga, Meskipun Hujan TPS 18 Binong Tetap Ramai Ikuti Penyoblosan

14 Februari 2024 - 05:44 WIB

Trending di breaking news