Menu

Mode Gelap
Tingkatkan Sinergitas, Direksi PT KPI & Pjs. GM RU VI Bertemu Kapolda Jabar dan Salurkan bantuan Golf Cart Sedulur Lurah Se-Kecamatan Anjatan (SULTAN) Peringati Ultah 1 Tahun Pertamina RU VI Lanjutkan Kerja Sama Pengamanan Obvitnas dengan Ditpamobvit Polda Jabar UPTD SDN 2 Cipancuh Gelar Pawidya 74 Siswa Kelas VI Tapel 2022 – 2023 SDN 1 Bugistua Lepas 63 Siswa Kelas VI, dan 100 Persen Melanjutkan ke Jenjang SMP

breaking news · 17 Agu 2023 13:55 WIB ·

Upacara Dirgahayu RI ke 78 Berlangsung Hidmat, Bupati Nina Agustina Sampaikan Prestasi Indramayu di Kancah Nasional


 Upacara Dirgahayu RI ke 78 Berlangsung Hidmat,  Bupati Nina Agustina Sampaikan Prestasi Indramayu di Kancah Nasional Perbesar

INDRAMAYU — Bupati Indramayu Nina Agustina menjadi Inspektur Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 Tingkat Kabupaten Indramayu. Upacara tersebut dilaksanakan di Sport Centre Indramayu, Kamis (17/8/2023).

Upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke- 78, dihadiri Pimpinan Forkompinda, Pimpinan dan Anggota DPRD, Pj. Sekretaris Daerah, Kepala SKPD, Direktur Utama BUMD (PDAM, BWI), ASN, para Veteran, LSM, PWI, PGRI, Pimpinan Perguruan Tinggi, Pelajar dan Murid Sekolah serta tokoh masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Indramayu.

Dalam sambutannya Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, sebagaimana Tema Peringatan HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI, yakni ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’, maka menjadi refleksi bahwa harus selalu melangkah ke depan demi melanjutkan perjuangan bangsa.

“Pada HUT Proklamasi Kemerdekaan Ke-78 RI ini, Indonesia harus sudah selesai dengan urusan ketidakharmonisan. Para pejuang, para pahlawan dan pendiri bangsa telah bekerja keras menyatukan perbedaan dalam sebuah persatuan,” ucap Nina.

Bupati Nina Agustina menyebutkan, tema peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-78 selaras dengan langkah demi langkah program Pembangunan Pemerintah Kabupaten Indramayu guna mensejahterakan masyarakat yang tertuang dalam Visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat).

“Sejalan dengan tema peringatan proklamasi kemerdekaan, bahwa Pemerintah daerah berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh stakeholders akan senantiasa terus melaju dan membangun melalui berbagai program guna menjadikan indramayu yang lebih maju dan Bermartabat,” katanya.

Diterangkan Bupati Nina, pada bidang pertanian, Indramayu yang telah mendapat predikat sebagai penghasil padi terbesar Nasional Tahun 2021 dengan capaian 1,3 juta ton, dan pada Tahun 2022 telah meningkat produksinya menjadi 1,49 juta ton.

Capaian tersebut berbuah manis dengan diraihnya berbagai penghargaan yang tak lain berkat para petani yang tangguh. Bahkan 7 tingkat nasional pun dapat diraih.

Demikian pula sektor perikanan, kontribusi Kabupaten Indramayu merupakan yang terbesar di Jawa Barat pada Tahun 2022 dengan persentase 44%.

Di samping itu, Indramayu juga terus melaju dalam ekonomi kreatif. Contohnya adalah Batik Tulis Complongan yang makin dikenal di tingkat nasional dan sudah mendapatkan indikasi geografis dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Selanjutnya Nina menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Indramayu memiliki 10 Program Unggulan dan dalam pelaksanaannya terdapat banyak manfaat untuk masyarakat.

Seperti halnya Program perempuan Berdikari (Pe-Ri) yaitu pemberdayaan perempuan melalui pelatihan kewirausahaan dari tahun 2021 hingga 2022. Tercatat 1.330 orang dari 67 desa di 31 kecamatan wilayah Indramayu telah diberikan pelatihan, dan di tahun 2023 program ini akan menyasar lebih banyak lagi peserta.

Kemudian pada setiap even pameran umkm, produk dari program Pe-Ri selalu diperkenalkan dan dipasarkan baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

Tak terkecuali untuk program kredit usaha warung kecil atau Kruw-Cil, sampai dengan bulan juli tahun 2023 sudah tersalurkan kredit kepada 1.661 orang, dengan nilai total kredit mencapai 7 miliar rupiah.

Terkait permasalahan dampak el nino, Pemerintah Kabupaten Indramayu Bersama TNI dan Polri terus melakukan upaya agar manajemen pengairan bisa dilakukan dengan baik dan meminta masyarakat untuk tetap berhati-hati dan senantiasa waspada ketika ada hambatan di lapangan.

“Tingkatkanlah manajemen pengelolaan air dan jika di lapangan ditemukan mafia air. Segeralah melapor kepada pihak berwajib,” tegasnya.

Kondisi el nino diungkapkan Nina, Pemerintah Kabupaten Indramayu sudah melakukan pembangunan dan rehabilitasi embung dan penampung air lainnya di 32 titik, rehabilitasi tanggul sungai 10 titik, peningkatan dan rehabilitasi pintu air 16 titik, normalisasi sungai 48 titik, peningkatan serta rehabilitasi jaringan irigasi permukaan 83 titik dan pembangunan jalan usaha tani di 16 lokasi.

“Pembangunan-pembangunan infrastruktur ini diharapkan dapat mengatasi ancaman kekeringan yang terjadi saat ini. Selain itu juga, Pemerintah Kabupaten Indramayu membantu meringankan beban petani dengan penyediaan pompa air kepada kelompok-kelompok tani,” ujarnya.(Abdul Gani-Adv)

Artikel ini telah dibaca 48 kali

Baca Lainnya

Ramadan dan Idul Fitri Berjalan Lancar, Ketua BDI RU VI : Zakat dan Infak Capai Lebih 190 Juta Telah Disalurkan

11 April 2024 - 06:44 WIB

Masjid Baiturrahim Sukamelang Adakan Takbir Keliling Sambut Idul Fitri 1445 H

10 April 2024 - 07:48 WIB

RU VI Salurkan Paket Sembako untuk Warga Sepanjang Jalur Pipa Air Salamdarma – Kilang Balongan

8 April 2024 - 14:14 WIB

Laksanakan FGD CSR, Pertamina RU VI Konsisten Bina Masyarakat Melalui Program Pemberdayaan

7 April 2024 - 08:30 WIB

Yudi Rustomo Bacabup Kuda Hitam dari Partai Golkar Pilkada Indramayu 2024

7 April 2024 - 08:25 WIB

PLN Nusantara Power UP Indramayu Siaga Pasokan Listrik, untuk Sukseskan Idul Fitri 1445 H Terang Benderang

7 April 2024 - 08:20 WIB

Trending di breaking news