Menu

Mode Gelap
Tingkatkan Sinergitas, Direksi PT KPI & Pjs. GM RU VI Bertemu Kapolda Jabar dan Salurkan bantuan Golf Cart Sedulur Lurah Se-Kecamatan Anjatan (SULTAN) Peringati Ultah 1 Tahun Pertamina RU VI Lanjutkan Kerja Sama Pengamanan Obvitnas dengan Ditpamobvit Polda Jabar UPTD SDN 2 Cipancuh Gelar Pawidya 74 Siswa Kelas VI Tapel 2022 – 2023 SDN 1 Bugistua Lepas 63 Siswa Kelas VI, dan 100 Persen Melanjutkan ke Jenjang SMP

Advertorial · 14 Agu 2023 11:41 WIB ·

Pada HUT Pramuka ke-62, Digelar Pelantikan Kwaran Kroya dan Pramuka Berbagi


 Pada HUT Pramuka ke-62, Digelar Pelantikan Kwaran Kroya dan Pramuka Berbagi Perbesar

INDRAMAYU-Bertempat di Aula Gedung Guru Kroya-Indramayu dilaksanakan pelantikan Kwartir ranting (Kwaran) Pramuka kecamatan Kroya dan pramuka berbagi, senin (14/8/2023). Kedua kegiatan itu dilaksanakan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-62, 14 Agustus 2023.

Pada acara pelantikan pengurus Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Kroya masa Bhakti 2023-2026 tersebut, dihadiri Camat Kroya, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) dan Mabiran Gerakan Pramuka kabupaten Indramayu.

Dalam sambutannya, Camat Kroya A. Syafruddin menyampaikan, atas nama pemerintah kecamatan Kroya mengucapkan selamat kepada pengurus Kwaran Gerakan Pramuka kecamatan Kroya yang telah dilantik oleh Kwarcab Pramuka Indramayu.

“Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pengurus Kwaecab dan Mabiran Pramuka Kabupaten Indramayu atas suksesnya pengukuhan dan pelantikan Kwaran Pramuka Kroya. Semoga bisa terus melanjutkan dan meningkat program gerakan pramuka yang kreatif, dinamis dan produktif,” harap Camat A. Syafruddin.

Camat berharap dengan kepengurusan yang baru ini, gerakan pramuka kwartir kecamatan Kroya lebih aktif, mampu mencetak generasi sebagai tunas bangsa yang lebih baik.

Sementara itu Kuswandi Spd, ketua Kwaran Gerakan Pramuka kecamatan Kroya mengatakan dirinya bersama jajaran pengurus mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada kepengurusan Mabiran dan Kwaran gerakan pramuka yang terdahulu, atas dedikasinya dalam melaksanakan kegiatan kepramukaan di tingkat kecamatan Kroya.

Perlu kita ketahui bersama bahwa tugas pokok Mabiran adalah memberikan bimbingan dan bantuan yang bersifat moral, organisatoris, material, financial dan konsultasi kepada kesatuan dan kwartir ranting.

“Kemudian, untuk menjalankan program yang akan di jalankan nantinya, merupakan program yang didasarkan pada tri satya dan dasa darma pramuka. p
Penerjemahan program tersebut adalah mampu bersinergi dalam rangka mendukung program pemerintah kabupaten Indramayu bermartabat,“ jelasnya.

Kusnadi juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sebagian dari upaya untuk memperkuat tekad dan menumbuhkan kembali semangat guna membawa kaum muda kemasa depan yang lebih baik, sesuai dengan tujuan gerakan pramuka itu sendiri. Yakni, untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, tangguh, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan pancasila serta mampu untuk melestarikan lingkungan hidup.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari kegiatan penataan organisasi di kwartir khususnya di kwartir ranting kecamatan Kroya, hal ini merupakan salah satu dari empat fokus Gerakan Pramuka yaitu refrending, penataan organisasi, dan sumber daya manusia. Pramuka untuk perubahan dan jaringan kerja sebagaimana di tetapkan dalam musyawarah nasional.

“Sebelum acara ini berlangsung kami juga mengadakan kegiatan upacara bendera didepan kantor kecamatan Kroya dan seusai acara tersebut, sebagai bentuk keperdulian kami dalam mengemban organisasi pramuka kami juga bagikan sebagian sembako untuk jompo disekitar kecamatan Kroya sebanyak 68 bungkus,” tambah Kusnadi

Dengan rangkaian acara pelantikan Kwaran kali ini, diharapkan dapat menjadi momentum untuk mendorong gerakan pramuka khususnya di kwartir ranting kecamatan Kroya.

“Untuk lebih meningkatkan kontribusi dalam upaya pembentukan karakter, maka kaum muda harus lebih meningkatkan kreatifitas sebagai calon pemimpin bangsa yang handal pada masa depan,” harapnya. (Darsono)

Artikel ini telah dibaca 106 kali

Baca Lainnya

Diusianya ke-496 Kabupaten Indramayu, Mewujudkan Indramayu Tangguh, Ekonomi Tumbuh Menuju Ketahanan Pangan Mandiri

6 Oktober 2023 - 14:16 WIB

Pastikan Maintenance Berjalan Sesuai Standar Safety, VP HSSE Gelar MWT ke Kilang Pertamina Internasional RU VI Balongan

6 Agustus 2023 - 05:52 WIB

Bank Sampah Jadi Program Unggulan Pemkab Indramayu

6 Agustus 2023 - 05:46 WIB

Tinjau Kilang Balongan, Organisasi Energi Jepang Tertarik Bawa Teknologi Energi Baru untuk Pertamina

5 Agustus 2023 - 02:12 WIB

Tingkatkan Kerja Sama ke Level Lebih Tinggi, Pertamina RU VI dan Bea dan Cukai Gelar Diskusi

3 Agustus 2023 - 13:48 WIB

Kilang Pertamina RU VI Balongan Beri Pelatihan Membuat Olahan Makanan bagi Warga Binaan Lapas IIB Indramayu

30 Juli 2023 - 13:20 WIB

Trending di Advertorial