Menu

Mode Gelap
Tingkatkan Sinergitas, Direksi PT KPI & Pjs. GM RU VI Bertemu Kapolda Jabar dan Salurkan bantuan Golf Cart Sedulur Lurah Se-Kecamatan Anjatan (SULTAN) Peringati Ultah 1 Tahun Pertamina RU VI Lanjutkan Kerja Sama Pengamanan Obvitnas dengan Ditpamobvit Polda Jabar UPTD SDN 2 Cipancuh Gelar Pawidya 74 Siswa Kelas VI Tapel 2022 – 2023 SDN 1 Bugistua Lepas 63 Siswa Kelas VI, dan 100 Persen Melanjutkan ke Jenjang SMP

Advertorial · 6 Agu 2023 05:52 WIB ·

Pastikan Maintenance Berjalan Sesuai Standar Safety, VP HSSE Gelar MWT ke Kilang Pertamina Internasional RU VI Balongan


 Pastikan Maintenance Berjalan Sesuai Standar Safety, VP HSSE Gelar MWT ke Kilang Pertamina Internasional RU VI Balongan Perbesar

BALONGAN – Kilang Pertamina Internasional RU VI Balongan saat ini tengah melaksanakan pemeliharaan rutin pada bagian Naphta Processing Unit (NPU) dan Penex. Untuk memastikan proses maintenance pada dua unit tersebut berjalan aman sesuai standar prosedur HSSE (Health, Safety, Security, and Environment), Vice President HSSE PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Diandoro Arifian melakukan Management Walkthrough (MWT) ke Kilang Balongan.

Diandoro menegaskan, setiap pekerja yang terlibat pada kegiatan pemeliharan unit NPU dan Penex ini harus dipastikan memakai Alat Pelindung Diri (APD), melakukan toolbox meeting, dan mematuhi aspek HSSE Golden Rules agar setiap pekerjaan yang dilakukan benar-benar aman sehingga nihil kecelakaan kerja dan nihil pencemaran.

“Jangan pernah berhenti mengingatkan pentingnya mengutamakan keselamatan kerja, Safety is Priority”, Ungkap Mantan GM Pertamina RU VI Balongan tersebut.

Saat melaksanakan MWT di sekitar Kilang Balongan, Diandoro Arifian juga mengapresiasi langsung kontraktor yang prosedur HSSE-nya dijalankan dengan baik, namun pekerja yang terlihat bekerja kurang aman juga langsung diintervensi demi kebaikan bersama dan menghindari kecelakaan kerja.

Ditempat terpisah, Area Manager Communication, Relation & CSR RU VI Mohamad Zulkifli mengatakan pekerjaan pemeliharaan atau Turn Around skala kecil pada unit NPU dan pekerjaan Change Out Absorbent di unit Penex ini merupakan pekerjaan pemeliharaan rutin yang diagendakan secara periodik.

“Pemeliharaan ini tentunya guna menjaga performa unit NPU yang ujungnya tentu menunjang kehandalan Kilang RU VI secara keseluruhan agar produksi BBM tetap lancar”, terang Zulkifli.

Zulkifli menambahkan, secara umum kondisi Kilang Balongan tetap beroperasi normal, sebab hanya unit NPU saja yang stop karena tengah dilakukan pemeliharaan, sehingga pasokan BBM untuk ibu kota dan sekitarnya tetap aman.

Kegiatan pekerjaan pemeliharaan unit NPU dan Penex di Kilang Pertamina RU VI Balongan dengan durasi pelaksanaan mechanical daya-nya selama 16 hari, yang dimulai pada 28 Juli 2023 lalu.

Naphta Processing Unit sendiri juga dikenal dengan Kilang Langit Biru Balongan (KLBB) yang dibangun pada tahun 2005, berfungsi mengolah dan meningkatkan nilai oktan dari naphta, tutupnya. (Abdul Gani)

Artikel ini telah dibaca 43 kali

Baca Lainnya

Senyum Sumringah Ribuan Yatim Piatu dan Duafa, Terima Santunan dari Dedi Wahidi

8 April 2024 - 21:59 WIB

H DEDi WAHIDI DAN TOBRONI MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI

8 April 2024 - 21:53 WIB

Selamat Idul Fitri 1445 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin

1 April 2024 - 09:35 WIB

Diusianya ke-496 Kabupaten Indramayu, Mewujudkan Indramayu Tangguh, Ekonomi Tumbuh Menuju Ketahanan Pangan Mandiri

6 Oktober 2023 - 14:16 WIB

Pada HUT Pramuka ke-62, Digelar Pelantikan Kwaran Kroya dan Pramuka Berbagi

14 Agustus 2023 - 11:41 WIB

Bank Sampah Jadi Program Unggulan Pemkab Indramayu

6 Agustus 2023 - 05:46 WIB

Trending di Advertorial