Menu

Mode Gelap
Tingkatkan Sinergitas, Direksi PT KPI & Pjs. GM RU VI Bertemu Kapolda Jabar dan Salurkan bantuan Golf Cart Sedulur Lurah Se-Kecamatan Anjatan (SULTAN) Peringati Ultah 1 Tahun Pertamina RU VI Lanjutkan Kerja Sama Pengamanan Obvitnas dengan Ditpamobvit Polda Jabar UPTD SDN 2 Cipancuh Gelar Pawidya 74 Siswa Kelas VI Tapel 2022 – 2023 SDN 1 Bugistua Lepas 63 Siswa Kelas VI, dan 100 Persen Melanjutkan ke Jenjang SMP

Hot News · 27 Jul 2023 09:33 WIB ·

Pemkab Indramayu Gelontorkan Anggaran Rp. 200.000.000 guna Pemugaran Masjid Kuno Bondan


 Pemkab Indramayu Gelontorkan Anggaran Rp. 200.000.000 guna Pemugaran Masjid Kuno Bondan Perbesar

INDRAMAYU-Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat mengalokasikan anggarannya untuk pemugaran masjid Kuna Bondan yang terletak di blok Sapu Angin Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang.

Pengalokasian anggaran cagar budaya melalui APBD tahun anggaran 2023 tersebut mengacu pada usulan masyarakat desa Bondan dan kondisi bangunan masjid yang sudah berusia ratusan tahun itu diperlukan langkah penyelamatan dan pemugaran.

Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu Dedy S Musashi SS didampingi Arsitektur Cagar Budaya Nurhidayah ST MT melaui Japri WA-nya kepada Kreator Jabar menjelasKan, pihaknya selaku TACB sangt mengapresiasi terhadap kepedulian bupati Indramayu Hj. Nina Agustina, S.H., M.H.,C.R.A terhadap salah satu peninggalan arkeologi dari masa Islam yang masih dijaga dan dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

“Sangat jarang sekali bangunan yang terbuat dari bahan baku berupa kayu ini masih dapat bertahan hingga saat ini,” ujar Dedy.

Hal ini, tambahnya berkat kepedulian masyarakatnya dalam bersama menjaga tinggalan-tinggalan masa lalu.

TACB Kabupaten Indramayu sangat berterima kasih kepada bupati Indramayu yang sudah mengalokasikan anggarannya untuk pemugaran serta keberlangsungan masjid Kuna Bondan ini.

Pemugaran tahap awal masjid Kuna Bondan ini kata Dedy, dialokasikan oleh Pemkab Indramayu sebesar Rp 200 juta dengan prioritas pemugaran pada atap sirap dan kayu kayu masjid yang sudah keropos, serta pembersihan memolo masjid. Dalam pemugaran kali ini, Dunas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu melibatkan TACB dan Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah IX Jawa Barat sebagai tim teknis, serta Kejaksaan Negeri Indramayu sebagai tim pengawasan.

“Dalam pemugaran ini kita akan awasi secara detail terhadap penggunaan bahan penggantinya seperti tidak merubah bentuk maupun bahan termasuk tidak boleh ada penambahan ornamen yang akan menghilangkan keaslian bangunan,” terangnya

Di kesenpatan yang sama juga katakan oleh Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu Hj Uum Umiati didampingi pamong budaya Suparto Agustinus mengatakan pemerintah kabupaten Indramayu sangat mendukung program pemugaran terhadap obyek cagar budaya yang ada di kabupaten Indramayu. Meski dengan anggaran terbatas.

“Pemerintah Kabupaten Indramayu yang di pimpin oleh Hj. Nina Agustina SH MH CRA sebagai Bupati ini sudah memberikan perhatian serius terhadap pniinggalan budaya yang ada,” jelasnya.

Selain pemugaran masjid Kuna Bondan, Uum juga memaparkan di tahun ini juga akan dilakukan kajian cagar budaya bersama TACB Kabupaten Indramayu terhadap dua bangunan masa kolonial yakni bangunan eks asisten Residen atau lebih dikenal dengan Gedong Duwur dan bangunan asrama tentara di desa Penganjang Kecamatan Sindang.(A.Satori – Dewa/ded)

Artikel ini telah dibaca 18 kali

Baca Lainnya

Benny Mamoto Buka Rapimnas SMSI 2023, Harapkan Keputusan Strategis Untuk Pemilu Damai

29 Oktober 2023 - 11:49 WIB

Capai Lebih dari 3 Juta Jam Kerja Aman, Pertamina Project Balongan Raih Penghargaan dari Kementerian ESDM

6 Oktober 2023 - 00:52 WIB

Ketum PWI Terpilih Hendri Ch Bangun dan Rombongan Silaturahmi dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan

28 September 2023 - 00:04 WIB

Forum Monitoring Dan Evaluasi Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kilang Balongan

26 September 2023 - 09:27 WIB

IKPM Cabang Karawang Ikut Memperingati 100 Tahun Gontor dengan Kegiatan Khataman Qur’an

25 September 2023 - 17:39 WIB

Firdaus Pimpin Langsung Rapat Kordinasi Persiapan Rapimnas SMSI Hadapi Pemilu 2024

21 September 2023 - 06:09 WIB

Trending di Hot News