Menu

Mode Gelap
Tingkatkan Sinergitas, Direksi PT KPI & Pjs. GM RU VI Bertemu Kapolda Jabar dan Salurkan bantuan Golf Cart Sedulur Lurah Se-Kecamatan Anjatan (SULTAN) Peringati Ultah 1 Tahun Pertamina RU VI Lanjutkan Kerja Sama Pengamanan Obvitnas dengan Ditpamobvit Polda Jabar UPTD SDN 2 Cipancuh Gelar Pawidya 74 Siswa Kelas VI Tapel 2022 – 2023 SDN 1 Bugistua Lepas 63 Siswa Kelas VI, dan 100 Persen Melanjutkan ke Jenjang SMP

Seni Budaya · 25 Mei 2024 13:37 WIB ·

Sespri Maulana Membuka Akses Pekerjaan, Untuk Berkarya Bagi Teman -Teman Disabilitas


 Sespri Maulana Membuka Akses Pekerjaan, Untuk Berkarya Bagi Teman -Teman Disabilitas Perbesar

INDRAMAYU – Tinggal di rumah yang dekat dengan Sekolah Luar Biasa, Sespri Maulana tak pernah menyangka dalam perjalanan hidupnya ia akan berkarya bersama teman-teman disabilitas di daerahnya.

Namanya Sespri Maulana, seorang Local Hero yang menginspirasi di balik Kedai Kopi Teman Istimewa, sebuah kedai kopi bagian dari pengembangan Program Tanggung Jawab Lingkungan dan Sosial (TJSL) milik Kilang Balongan.

Program bernama Pemberdayaan Inklusi Teman Istimewa (PERINTIS) ini menginisiasi unit usaha Kopi Teman Istimewa di tahun 2023 untuk membuka akses pekerjaan dan ruang inklusi untuk berkarya bagi teman disablitas dengan menjadi seorang barista.

Sespri yang sebelumnya berkarya di industri kreatif dan merupakan seorang barista di sebuah kedai kopi digaet oleh Kilang Balongan untuk terlibat dalam pengembangan program PERINTIS sebagai Local Hero dengan berperan menjadi pelatih dan pendamping bagi barista Kopi Teman Istimewa sejumlah 7 orang disabilitas tuna rungu wicara yang kedainya didirikan di halaman rumahnya.

“Saya berharap teman-teman disabilitas ini tidak hanya bisa membuat kopi, tapi juga belajar mengelola keuangan dan mengembangkan diri,” ujar Sespri.

Ia juga menyampaikan harapannya bahwa para baristanya nanti dapat terus berkembang membuka usaha sendiri serta menciptakan lapangan pekerjaan bagi teman tuli lainnya.

Menurut Sespri, lahirnya Kedai Kopi Teman Istimewa menjadi bukti bahwa teman tuli memiliki potensi yang luar biasa, dan melalui program ini ia berharap Kedai Kopi Teman Istimewa dapat menjadi ruang inklusi bagi teman-teman disabilitas untuk berkarya bersama.

Teman-teman disabilitas yang terlibat program ini berasal dari SLB Mutiara Hati yang berada dekat dengan rumah Sespri, dimana mereka diberikan pelatihan membuat kopi sebelum akhirnya berkarya menjadi barista.

Adapun kopi dipilih oleh Kilang Balongan sebagai fokus unit usaha karena mampu menjadi media diskusi, mencairkan komunikasi, sumber inspirasi, dan menciptakan ruang inklusi bagi teman-teman disabilitas. (Abdul Gani)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Forum Wartawan Indramayu Timur Gelar Unjuk Rasa Tolak RUU Penyiaran

30 Mei 2024 - 08:35 WIB

Masa Tenang Pemilu 2024, Panwaslucam Karangampel Bersihkan 1.456 APK

14 Februari 2024 - 05:53 WIB

Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Diponegoro Lakukan Kunjungan Studi ke RU VI Balongan

8 Februari 2024 - 02:58 WIB

50.000 Lebih Penerima Manfaat Terbantu dari Sedekah Konsumen Alfamart

24 Januari 2024 - 13:46 WIB

Launching Kegiatan HPN 2024 dan HUT PWI Ke-78, Ditandai dengan Pelepasan Balon ke Udara

10 Januari 2024 - 13:10 WIB

Kuatkan Sinergi dalam Pemberdayaan Warga Binaan, RU VI Kunjungi Lapas Indramayu

9 Januari 2024 - 11:33 WIB

Trending di Seni Budaya