Menu

Mode Gelap
Tingkatkan Sinergitas, Direksi PT KPI & Pjs. GM RU VI Bertemu Kapolda Jabar dan Salurkan bantuan Golf Cart Sedulur Lurah Se-Kecamatan Anjatan (SULTAN) Peringati Ultah 1 Tahun Pertamina RU VI Lanjutkan Kerja Sama Pengamanan Obvitnas dengan Ditpamobvit Polda Jabar UPTD SDN 2 Cipancuh Gelar Pawidya 74 Siswa Kelas VI Tapel 2022 – 2023 SDN 1 Bugistua Lepas 63 Siswa Kelas VI, dan 100 Persen Melanjutkan ke Jenjang SMP

Advertorial · 3 Agu 2023 13:48 WIB ·

Tingkatkan Kerja Sama ke Level Lebih Tinggi, Pertamina RU VI dan Bea dan Cukai Gelar Diskusi


 Tingkatkan Kerja Sama ke Level Lebih Tinggi, Pertamina RU VI dan Bea dan Cukai Gelar Diskusi Perbesar

INDRAMAYU – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit VI Balongan menerima kunjungan tim instansi Bea dan Cukai yang terdiri dari Bea dan Cukai Pusat dan Kantor Pengawasan dan Pelayanan, Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Cirebon dalam rangka Site Visit dan Sosialisasi Peraturan Kepabeanan Kegiatan Ekspor/ Impor di Refinery Unit VI Balongan, berlangsung di Gedung Wanita Patra (PWP), perumahan bumi patra, Rabu (02/08/2023).

Hadir pada kegiatan ini Direktur SDM & Penunjang Bisnis PT KPI Isnanto Nugroho Suseno, VP Procurement, Operation & Asset Management M. Rizal Eswid S., Pjs. General Manager PT KPI Unit VI Balongan Iwan Kurniawan, Tim Manajemen, perwakilan Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Balongan (SP-PBB), Perwakilan PT KPI Pusat, pekerja dari fungsi terkait dan dari RU lainnya.

Mewakili Tim Bea dan Cukai adalah Direktur Teknis Kepabeanan Dirjen Bea Cukai Fadjar Donny Tjahjadi, Kepala Sub Direktorat RKPP AEO Weko Leokitardjo, Kepala Sub Direktorat Klasifikasi Barang Panca Putra Jaya, Kepala KPPBC TMP Cirebon Abdul Rasyid beserta perwakilan jajaran anggota masing-masing instansi.

Pjs. General Manager RU VI Balongan Iwan Kurniawan yang mengawali sambutan dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Kilang Pertamina RU VI merupakan kilang strategis terlebih karena mensuplai kebutuhan BBM Ibu Kota Jakarta bersama Banten dan Jawa Bagian Barat, ungkapnya.

Adapun Direktur SDM & Penunjang Bisnis Isnanto Nugroho Suseno menyampaikan bahwa kelancaran produksi RU VI merupakan hasil dari sinergi dan kerjasama yang baik dari stakeholder yang salah satunya Bea Cukai.

“Semoga sinergi dan kerjasama yang baik ini dapat ditingkatkan ke level yang lebih tinggi”, ujar Isnanto dalam sambutannya.

Lebih lanjut Isnanto mengharapkan semoga apa yang tengah diusahakan oleh Pertamina RU VI untuk memperoleh status sebagai Authorized Economic Operator yang selanjutnya disebut AEO dari Bea dan Cukai dapat terpenuhi.

Dikesempatan yang sama, Direktur Teknis Kepabeanan Dirjen Bea Cukai Fadjar Donny Tjahjadi mengungkapkan bahwa Pertamina RU VI merupakan asset yang berharga dalam industri minyak dan gas dalam negeri.

“Manfaat RU VI sangat vital bagi pemenuhan energi dalam negeri, untuk itu kami berkomitmen untuk terus bersinergi dengan baik demi menjaga kelancaran proses produksi BBM RU VI”, ungkap Fadjar.

Terkait pemenuhan RU VI sebagai AEO Fadjar mengungkapkan Tim Bea dan Cukai akan mendukung dan membantu pemenuhan hal tersebut sesuai aturan yang berlaku.

Lebih lanjut, Pjs. General Manager PT KPI Unit VI Balongan Iwan Kurniawan menyampaikan kerja sama antara RU VI dan Bea Cukai telah memberikan dampak positif bagi kedua pihak serta berdampak positif bagi masyarakat dan negara.

“Semoga sinergi yang telah berjalan dapat memberikan kelancaran penyediaan bahan baku ataupun material bagi RU VI dalam memproduksi BBM dan melalui Bea Cukai penerimaan Bea yang masuk menjadi kekayaan negara sehingga penyedian BBM nasional terus terpenuhi dan pemasukan negara pun bertambah yang pada akhirnya semua manfaatnya dirasakan masyarakat luas”, kata Iwan.

Senada dengan yang sudah disampaikan Direktur SDM & Penunjang Bisnis, Iwan menjelaskan RU VI berkomitmen untuk memenuhi persyaratan sertifikasi sebagai AEO.

“RU VI siap memberikan data-data dan ketentuan yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan sebagai AEO”, terang Iwan

Dengan menjadi AEO yang merupakan operator ekonomi yang mendapat pengakuan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sehingga mendapatkan perlakuan khusus terkait kegiatan impor/ekspor tentunya akan memperlancar kegiatan produksi ataupun maintenance yang dikerjakan RU VI, tambahnya.

Selain itu, Iwan turut mengapreasiasi penghargaan yang telah di berikan Bea dan Cukai Cirebon kepada RU VI sebagai Kontibutor Penerimaan Bea Masuk Terbesar kategori Importir Umum.

“Penghargaan tersebut menjadi bukti bahwa sinergi telah berjalan dengan baik, semoga kedepannya kerja sama yang baik ini terus meningkatkan dan menghasilkan manfaat positif bagi bangsa dan negara”, pungkas Iwan. (Abdul Gani)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Diusianya ke-496 Kabupaten Indramayu, Mewujudkan Indramayu Tangguh, Ekonomi Tumbuh Menuju Ketahanan Pangan Mandiri

6 Oktober 2023 - 14:16 WIB

Pada HUT Pramuka ke-62, Digelar Pelantikan Kwaran Kroya dan Pramuka Berbagi

14 Agustus 2023 - 11:41 WIB

Pastikan Maintenance Berjalan Sesuai Standar Safety, VP HSSE Gelar MWT ke Kilang Pertamina Internasional RU VI Balongan

6 Agustus 2023 - 05:52 WIB

Bank Sampah Jadi Program Unggulan Pemkab Indramayu

6 Agustus 2023 - 05:46 WIB

Tinjau Kilang Balongan, Organisasi Energi Jepang Tertarik Bawa Teknologi Energi Baru untuk Pertamina

5 Agustus 2023 - 02:12 WIB

Kilang Pertamina RU VI Balongan Beri Pelatihan Membuat Olahan Makanan bagi Warga Binaan Lapas IIB Indramayu

30 Juli 2023 - 13:20 WIB

Trending di Advertorial