Menu

Mode Gelap
Tingkatkan Sinergitas, Direksi PT KPI & Pjs. GM RU VI Bertemu Kapolda Jabar dan Salurkan bantuan Golf Cart Sedulur Lurah Se-Kecamatan Anjatan (SULTAN) Peringati Ultah 1 Tahun Pertamina RU VI Lanjutkan Kerja Sama Pengamanan Obvitnas dengan Ditpamobvit Polda Jabar UPTD SDN 2 Cipancuh Gelar Pawidya 74 Siswa Kelas VI Tapel 2022 – 2023 SDN 1 Bugistua Lepas 63 Siswa Kelas VI, dan 100 Persen Melanjutkan ke Jenjang SMP

breaking news · 26 Jun 2024 05:12 WIB ·

Unit Bisnis Pertamina Ciayumajakuning Tingkatkan Sinergi Aspek HSSE


 Unit Bisnis Pertamina Ciayumajakuning Tingkatkan Sinergi Aspek HSSE Perbesar

BALONGAN – Sebagaimana Perusahan yang bergerak dalam bisnis minyak and gas yang proses bisnisnya dari sektor hulu sampai ke hilir, Pertamina menajadi perusahaan dengan kategori high risk, artinya dalam menjalankan proses bisnisnya terdapat berbagai risiko terutama terjadinya insiden besar (major incident).

Oleh karena itu, berbagai upaya harus dilakukan untuk meningkatkan aspek HSSE, salah satunya dengan melakukan sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak. Salah satu hal yang diupayakan yaitu dengan pembentukan forum ERUMORGASPOL.

ERUMORGASPOL yang merupakan akronim dari Eksplorasi (EP, PHE ONWJ, PHE OSES) – RU VI – MOR Jawa Bagian Barat – Pertamina Gas – POLytama.

Secara berkala Forum ERUMORGASPOL dilaksanakan secara rutin dan kali ini diselenggarakan di Mason Pine Padalarang dengan Kilang Balongan sebagai tuan rumah kegiatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut SPV HSSE Pertamina, Lelin Eprianto yang menyampaikan bahwa untuk menangani berbagai risiko yang sudah dijelaskan diatas sebenarnya Pertamina memiliki sumber daya (peralatan, personil, expertise) HSSE yang tersedia di unit operasi & subholding.

“Kegiatan sinergi antar unit operasi Pertamina lintas Subholding melalui forum ERUMORGASPOL ini diselenggarakan yang salah satunya bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan HSSE”, ujar Lelin, Rabu (26/6/2024)

Lebih lanjut Leln menjelaskan, selain penanganan keadaan darurat banyak potensi sinergi aspek HSSE lainnya yang bisa dikerjakan seperti pengamanan fisik dan non fisik, Kegiatan bersama, pengendalian B3 serta peninjauan lingkungan.

“Semoga melalui sinergi ini kelancaran kegiatan eksplorasi, produksi dan distribusi dapat berlangsung dengan lancar”, tutup Lelin.

Di kesempatan yang sama General Manager RU VI Sugeng Firmanto menyampaikan sinergi Unit Bisnis Pertamina di wilayah Ciayumajakuning Jawa Barat Ini Awalnya Forum ini dibentuk sebagai wadah koordinasi terkait pengaturan arus minyak, semakin ke sini semakin banyak inisiatif sinergi yang muncul.

“Salah satu inisiatif yang tereksekusi paling baik dari forum ERUMORGASPOL adalah sinergi aspek HSSE dengan adanya MoU Penanggulangan Keadaan Darurat sejak 2020”, Kata Sugeng.

“Kami sudah merasakan langsung manfaat dari inisiatif tersebut dan sangat mendukung pengembangan sinergi aspek HSSE lebih lanjut”, lanjutnya.

Lebih lanjut GM RU VI berharap agar tujuan bersama kegiatan dapat tercapai dan memberikan manfaat bagi seluruh unit bisnis Pertamina, masyarakat dan Negara. (Abdul Gani)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

Baca Lainnya

Peringati Hari Anak Nasional, PAUD Soka Indah Desa Tegalurung Gelar Karnaval

24 Juli 2024 - 14:33 WIB

Hari Anak Nasional UPTD SDN 4 Sukaslamet Kroya Menyelenggarakan Pawai Dengan Tema Stop Buliying

23 Juli 2024 - 23:24 WIB

Enam Ratus Lebih Jamaah Asy-Syahadatain, Do’akan Nina Agustina dan Ady Setiawan

22 Juli 2024 - 12:59 WIB

Pemda Indramayu Beri Edukasi Soal DBD, Warga Minta Fogging Massal di Sekolah

22 Juli 2024 - 00:12 WIB

Ketua Asy-Syahadatain Habib Muhammad bin Agil Yahya Sebut Ady Setiawan Layak Dampingi Petahana Nina Agustina di Pilkada Indramayu 2024

20 Juli 2024 - 03:56 WIB

Anggota PWI Se-Bandung Raya Desak Pusat Segera Gelar KLB, Tuntut Mundur Ketum Hendry Ch. Bangun

19 Juli 2024 - 17:55 WIB

Trending di breaking news