Menu

Mode Gelap
Tingkatkan Sinergitas, Direksi PT KPI & Pjs. GM RU VI Bertemu Kapolda Jabar dan Salurkan bantuan Golf Cart Sedulur Lurah Se-Kecamatan Anjatan (SULTAN) Peringati Ultah 1 Tahun Pertamina RU VI Lanjutkan Kerja Sama Pengamanan Obvitnas dengan Ditpamobvit Polda Jabar UPTD SDN 2 Cipancuh Gelar Pawidya 74 Siswa Kelas VI Tapel 2022 – 2023 SDN 1 Bugistua Lepas 63 Siswa Kelas VI, dan 100 Persen Melanjutkan ke Jenjang SMP

breaking news · 1 Jul 2024 01:42 WIB ·

Sukses Berdayakan Pemuda Desa dengan Keahlian Las, Kilang Pertamina Balongan Sabet Penghargaan ISRA 2024


 Sukses Berdayakan Pemuda Desa dengan Keahlian Las, Kilang Pertamina Balongan Sabet Penghargaan ISRA 2024 Perbesar

SOLO – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan kembali meraih penghargaan bergengsi berkat konsistensi melaksanakan program CSR di masyarakat. Melalui program Pemberdayaan Pemuda melalui Juru Las (Forderin), penghargaan yang diraih adalah Indonesia Social Respinsibility Award (ISRA) predikat Gold dengan kategori Economic Empowerment, di Ballroom Hotel Grand Mercure, Solo Baru, Sukoharjo, 30 Juni 2024.

Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI RU VI Balongan Mohamad Zulkifli menuturkan, penghargaan ini membuktikan bahwa pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan atau CSR yang dijalankan Kilang Pertamina Balongan tepat sasaran dan dirasakan manfataanya oleh masyarakat.

Dikatakan Zulkifli, program Forderin merupakan program pembekalan keahlian sebagai Welder atau juru las profesional 6G SMAW-GTAW yang ditujukan kepada pemuda desa di Kecamatan Balongan, Indramayu, Juntinyuat, Karangampel dan Kecamatan Sindang.

Dari program ini, kata Zulkifli, para anggota Forderin telah memiliki sertifikasi BNSP yang banyak diterima kerja di berbagai proyek, baik di sekitar indramayu, hingga luar kota.

“Alhamdulillah pemuda desa ini berkat keahlian Las tersebut, kini banyak diterima kerja, dengan sertifikasi yang dimiliki penghasilan mereka juga terbilang bagus rata-rata 8 Juta Perbulan”, terang Zulkifli.

Tidak hanya membekali keahlian, Pertamina RU VI Balongan juga telah membuatkan workshop kepada Forderin agar seluruh anggotanya bisa terus mengasah keterampilan yang diberikan agar semakin mahir dan berkompetensi.

Bukan hanya bekerja di perusahaan kontraktor dan di kilang Balongan saja, Forderin juga telah mampu menerima pesanan pembuatan berbagai konstruksi dari berbagai pihak.

Zulkifli menerangkan, program ini dilaksanakan sejak tahun 2020 dan hingga saat ini telah memberikan manfaat kepada 103 orang pemuda, dan direncanakan di tahun 2024 ini telah diprogramkan pembentukan unit usaha las sebagai usaha agar Forderin ini semakin berkembang dan mandiri.

Dalam pelaksanaan upskilling pemuda desa menjadi juru las ini, Pertamina RU VI Balongan juga menggandeng Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja (UPTD BLK) Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indramayu agar kegiatan dan pembelajarannya sesuai dengan kebutuhan dunia kerja serta tercatat resmi di Dinas Tenaga Kerja.

Diharapkan, melalui program CSR Pertamina RU VI Balongan bisa membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan SDM masyarakat sehingga turut meningkatkan perekonomian masayarakat dan mengurangi angka pengangguran. (Abdul Gani)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Peringati Hari Anak Nasional, PAUD Soka Indah Desa Tegalurung Gelar Karnaval

24 Juli 2024 - 14:33 WIB

Hari Anak Nasional UPTD SDN 4 Sukaslamet Kroya Menyelenggarakan Pawai Dengan Tema Stop Buliying

23 Juli 2024 - 23:24 WIB

Enam Ratus Lebih Jamaah Asy-Syahadatain, Do’akan Nina Agustina dan Ady Setiawan

22 Juli 2024 - 12:59 WIB

Pemda Indramayu Beri Edukasi Soal DBD, Warga Minta Fogging Massal di Sekolah

22 Juli 2024 - 00:12 WIB

Ketua Asy-Syahadatain Habib Muhammad bin Agil Yahya Sebut Ady Setiawan Layak Dampingi Petahana Nina Agustina di Pilkada Indramayu 2024

20 Juli 2024 - 03:56 WIB

Anggota PWI Se-Bandung Raya Desak Pusat Segera Gelar KLB, Tuntut Mundur Ketum Hendry Ch. Bangun

19 Juli 2024 - 17:55 WIB

Trending di breaking news