Menu

Mode Gelap
Tingkatkan Sinergitas, Direksi PT KPI & Pjs. GM RU VI Bertemu Kapolda Jabar dan Salurkan bantuan Golf Cart Sedulur Lurah Se-Kecamatan Anjatan (SULTAN) Peringati Ultah 1 Tahun Pertamina RU VI Lanjutkan Kerja Sama Pengamanan Obvitnas dengan Ditpamobvit Polda Jabar UPTD SDN 2 Cipancuh Gelar Pawidya 74 Siswa Kelas VI Tapel 2022 – 2023 SDN 1 Bugistua Lepas 63 Siswa Kelas VI, dan 100 Persen Melanjutkan ke Jenjang SMP

Hukum · 2 Jul 2023 13:14 WIB ·

Pertamina Hulu Rokan Benchmarking ke RU VI Balongan Pelajari Water Managemen


 Pertamina Hulu Rokan Benchmarking ke RU VI Balongan Pelajari Water Managemen Perbesar

BALONGAN – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit VI Balongan melalui Fungsi Engineering & Development (Engdev) Bagian Process Engineering menerima kunjungan kerja Tim Facility Engineering Operation Engineering Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Ruang Rapat 1, Gd. Administrasi RU VI Balongan (20/06).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka study dan benchmarking terkait fasilitas Cooling Water System unit utilities dan Effluent Water Treatment Plant (EWTP) dan Lagoon yang ada RU VI Balongan dan dilaksanakan selama 3 hari mulai 20 s.d. 22 Juni 2023 dengan agenda kegiatan pembukaan di hari pertama.

Hadir dalam kegiatan tersebut Manager Engineering & Development PT KPI Unit VI Balongan Jefri A. Simanjuntak mewakili Tim Manajemen serta pekerja dari fungsi terkait. Melalui sambutannya Jefri menyatakan keterbukaan RU VI kepada delegasi PHR yang hadir.

“Silahkan tanyakan data maupun informasi yang diperlukan, kami dengan senang hati akan berbagi ilmu dan pengalaman”, ungkap Jefri.

Jefri juga menyampaikan melalui sinergi ini diharapkan dapat menghasilkan kebaikan bagi kedua perusahaan dalam memenuhi kebutuhan energi bangsa.

Sementara itu, Agus Sardjono mewakili PHR mengatakan bahwa salah satu tantangan terbesar bagi Pertamina Hulu Rokan adalah Water Management. Saat ini PHR mampu memproduksi minyak dan gas setara 160 Ribu Barrel Oil Per Day (BOPD) dengan excess air mencapai 8.5 Barrel Per Day (BPD).

Ke depannya PHR akan meningkatkan target produksi menjadi 300 Ribu BOPD yang diperhitungkan akan meningkatkan excess air menjadi 14 Juta BPD, maka dari itu diperlukan manajemen pembuangan air yang baik.

“Kami ingin melihat dan mempelajari fasilitas serta best practice water manajemen yang sudah dijalankan oleh RU VI Balongan”, ungkap Agus.

Adapun yang ingin dipelajari mulai dari desain, fasilitas, sampai pemenuhan aspek lingkungan yang diterapkan di RU VI Balongan.

Selain melakukan diskusi, kunjungan tersebut juga diisi dengan pelaksanaan site visit ke Cooling Water System unit utilities dan Effluent Water Treatment Plant (EWTP) serta Lagoon untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas terkait water management.

Di tempat terpisah, Area Manager Communication, Relation & CSR RU VI Mohamad Zulkifli menerangkan RU VI berkomitmen penuh menerapkan Aspek Environmental, Social & Governance (ESG) secara serius dalam setiap kegiatan operasinya.

“Segala bentuk excess yang dikeluarkan oleh RU VI dipastikan telah memenuhi Nilai Ambang Batas aman lingkungan sesuai dengan peraturan yang berlaku”, terang Zul.

Selain itu berbagai inovasi terus dilakukan oleh pekerja RU VI untuk meminimalkan efek samping negatif yang dikeluarkan.

Di bidang sosial dan pemberdayaan, melalui program CSR Masyarakat Pengelola Daur Ulang Sampah (Wiralodra), Integrated Multi-Trophic Aquaculture (IMTA), Tegal Sembadra Eco Farming, Pemberdayaan Warga Binaan Lapas, Mangoes Center, dan Pemberdayaan Pemuda dengan Pelatihan Juru Las diharapkan keberadaan RU VI tetap menjadi berkah bagi masyarakat. (Abdul Gani)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Rancangan Peraturan Presiden tentang Tanggung Jawab Perusahaan Platform Digital untuk Mendukung Jurnalisme Berkualitas Sebuah Langkah Anti Demokrasi

30 Juli 2023 - 01:11 WIB

Pemilik Puluhan Ribu Miras Divonis Denda Masing Masing Rp 5Juta

27 Juli 2023 - 09:35 WIB

Meski Masa Tugas Gubernur Jabar Kang Emil Akan Berakhir, Menerima Penghargaan Terus Mengalir

22 Juli 2023 - 01:38 WIB

Warga Desa Dawuan “Segel” Tower Karena Dianggap Tak Tepati Janji

9 Juli 2023 - 05:00 WIB

Anggota DPRD Jabar dari PKB H.M Sidkon Djampi Gelar Sosialisasi Penyebarluasan Perda TA 2023

9 Juli 2023 - 01:32 WIB

Polres Indramayu Gelar Rekontruksi Meninggal-nya Ibunda Anggota DPR RI H. Bambang Hermanto

7 Juli 2023 - 11:17 WIB

Trending di Hukum